Ketua KPUD Ngada Optimis Pilkada Tidak Batal

Ketua KPUD Ngada, Thomas Djawa

Ketua KPUD Ngada, Thomas Djawa

Zonalinenews-Ngada, Menjawab keraguan sejumlah kalangan terkait fenomena calon tunggal Pemilukada serentak di sejumlah daerah, Komisi Pemilihan Umum Daerah Kabupaten Ngada mengungkapkam optimisme pihak penyelenggara pemilu karena hingga batas akhir masa pendaftaran calon tanggal 28 Juli 2015 sebanyak empat paket cabup-cawabup yang bersaing dalam Pemilukada Ngada resmi mendaftar dan hari ini 29 Juli 2015 sudah menjalani test kesehatan di Kupang.

“Hingga akhir masa pendaftaran tanggal 28 Juli 2015 empat paket resmi mendaftar sebagai kontestan Pemilukada. Kami menghimbau masyarakat untuk mendukung penyelenggaraan Pemilukada agar dapat berjalan kondusif dalam tempo persaingan yang sehat di daerah. Kami sangat optimis Pemilukada Ngada tidak ditunda karena masing-masing paket sudah menyatakan keseriusan mereka dihadapan public untuk memenuhi setiap tahapan Pemilukada sesuai aturan main dan ketentuan yang berlaku”, ungkap Ketua KPUD Ngada, Thomas Djawa.

Pantauan Zonalinenews, hingga hari batas akhir masa pendaftaran sebanyak empat paket resmi mendaftarkan diri di KPUD Ngada. Sementaritu satu-satu nya paket yang pertama mendaftarkan diri sebagai kontestan Pemilukada Ngada adalah paket calon dari jalur perseorangan, Calon Bupati Adrianus Dopo, ST dan Calon Wakil Bupati, Doktor Yohanes V. Sayangan Wikul, S.Fil, MSi atau disingkat paket ADIL yang mendaftar pada hari kedua setelah hari pertama masa pendaftaran tidak satu pun paket mendaftarkan diri di Komisi Pemilihan Umum Daerah Kabupaten Ngada.

Usai calon perseorangan mendaftar, hari ketiga batas akhir pendaftaran nampak sejumlah calon paket yang diusung koalisi partai secara bergantian mendaftarkan diri, diantaranya incumbet Bupati Marianus Sae yang kembali bertarung berpaketan dengan calon wakil Paulus Soliwoa, keduanya diusung koalisi Partai Amanat Nasional, Partai Hari nurani dan Partai Golongan Karya. Selanjutnya Paket Cabup Kornelis Soi – Cawabup Yosep Bei diusung partai koalisi PDIP, nasdem dan Demokrat dan yang terakhir Paket Usungan Koalisi Partai Gerindra dan PKB, Cabup Paulinus No Watu – Cawabup Bernadinus Dhey Ngebu.

Dengan hadirnya empat kontestan Pemilukada ini, pihak Komisi Pemilihan Umum Daerah Kabupaten Ngada optimis Pilkada Kabupate Ngada tidak akan ditunda. Sementaraitu kepada wartawan, empat kandidat cabup cawabub kontestan Pemilukada Ngada, Kornelis Soi, Yosep Bei, Paulinus No Watu dan Bernadinus Dhey Ngebu yang saat ini masih aktif sebagai Anggota DPRD secara tegas menyatakan siap mengundurkan diri dari jabatan sebagai anggota dewan dan siap melakukan proses Pergantian Antar Waktu (PAW) sesuai ketentuan yang berlaku.

“Kami sudah maju sebagai kandidat dalam Pilkada dan kami tau apa resikonya, maka dengan ini kami memastikan bahwa kami siap berhenti dari jabatan sebagai Anggota Dewan dan siap memenuhi proses Pergantian Antar Waktu (PAW) sesuai amanat regulasi yang berlaku”, kata mereka. (*wrn)