Banyak Aset Tanah Milik Pemerintah Tak Kantongi Sertifikat

Kepala Kakanwil BPN NTT, Drs Josias Benyamin Lona

Kepala Kakanwil BPN NTT, Drs Josias Benyamin Lona

Zonalinenews-Kupang, Hingga saat ini, masih banyak tanah-tanah yang merupakan aset milik pemerintah Provinsi, Kota dan Kabupaten yang belum memiliki sertifikat. Hal ini, membuka peluang bagi masyarakat untuk melayangkan gugatan kepada pemerintah Kota, Kabupaten dan Provinsi. Kepala BPN NTT, Drs Josias Benyain Lona kepada wartawan, Minggu 2 Agustus 2015 mengatakan saat ini masih banyak aset pemerintah, baik itu pemerintah Kota, Kabupaten dan Provinsi.

Ini membuka peluang bagi masyarakat NTT untuk menggugat pemerintah. Menurut Lona, aset-aset milik pemerintah itu harus dikuatkan dengan bukti-bukti yang kuat serta memiliki kekuatan hukum tetap. Jika, aset-aset pemerintah tidak didukung dengan bukti yang kuat, maka pemerintah dapat mengalami kerugian dalam hal aset. “Sampai sekarang amsih banyak aset pemerintah yang belum memiliki sertifikat. Ini sangat berbahaya bagi pemerintah bisa saja masyarakat gugat pemerintah, “ kata Lona.

Ditegaskan Lona, saat ini yang paling banyak aset pemerintah yang tidak memiliki sertifikat adalah aset milik pemerintah Kota/Kabupaten. Ini menjadi sebuah masalah bagi pemerintah Kota/Kabupaten sendiri, jika kedepannya ada masalah. “Mengani asset-aset pemerintah seperti tanah yang belum punya sertifikat, bisa saja digugat oleh masyarakat NTT. Karena tidak punya kekuatan hukum tetap, “ tegas Lona.

Untuk itu, katanya, dirinya berharap dalam tahun ini baik Pemerintah Kota, Kabupaten dan Provinsi dapat mengurus sertifikat atas tanah milik pemerintah, agar tidak terjadi masalah dikemudian hari. “Saya harap kepada pemerintah Kota, Kabupaten dan Provinsi untuk segera urus sertifikat atas tanah milik pemerintah. Takutnya kedepan ada masalah, “ pinta Lona. (*nvena)