Jaksa Periksa Dua Saksi Terkait Proyek Bronjong Halikelen

Kejari Belu Robert H Choi

Kejari Belu Robert H Choi

Zonalinenews-Belu, Dua saksi yakni Vincensius Nauk selaku Kabid Distamben Belu dan sekretaris Pokja atau Panitia Lelang Naomi Sandang diperiksa terkait dugaan korupsi proyek pemasangan bronjong Halikelen, Desa Naekasa, Kecamatan Tasifeto Barat di ruas jalan Kilometer 14 arah Atambua-Halilulik yang dibiayai APBN tahun 2014 senilai Rp 7 miliar.

Hal ini dibenarkan oleh Kejari Atambua, Robert Tacoy yang dihubungi, Rabu 5 Agustus 2015 pukul 10.30 wita diruang kerjanya.

Robert menjelaskan, yang diperiksa antara lain seorang Kabid pada Distamben Belu lalu satunya sekretaris PHO atau Panitia Lelang proyek pemasangan bronjong Halikelen.

Khusus untuk Kabid Distamben Belu pemeriksaan terkait dengan pengadaan material untuk proyek pemasangan bronjong Halikelen.

Pemeriksaan terhadap dua orang saksi tersebut dilakukan pada Senin 3 Agustus 2015 di Kantor Kejari Atambua.

Berdasarkan informasi yang dihimpun pada tahun Anggaran 2014 Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUP) Kabupaten Belu   mengalokasikan Rp 364 juta lebih untuk pelaksanaan kegiatan Proyek Pengaman Kali (PKT) Halikelen, Desa Naekasa, Kecamatan Tasifeto Baratyang item pekerjaannya adalah pembangunan tembok pengaman (bronjong). Namun, lokasinya bukan pada lokasi proyek di ruas jalan Kilometer 14 arah Atambua-Halilulik yang dibiayai APBN tahun 2014 senilai Rp 7 miliar.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUP) Kabupaten Belu Eda Fahik yang dihubungi, terkait persolan ini Kamis (9/7)menjelaskan, ada paket proyek pengaman kali (PKT) Halikelen, tapi lokasinya tidak sama dengan proyek yang dikerjakan menggunakan dana APBN. “Paket pengaman Kali Halikelen ada, tapi titik berbeda jadi tidak sama,” ujarnya.

Dirinya menjelaskan, ruas jalan nasional atau jalan provinsi tidak bisa diintervensi menggunakan dana APBD kabupaten, dan itu sesuai dengan aturan yang mengatur penganggaran proyek.

Berdasarkan hasil informasi di LPSE Kabupaten Belu, pada 5 Juli 2014 dilakukan lelang paket proyek pengaman kali (PKT) Halikelen yang bersumber dari APBD Belu dengan pagu anggaran senilai Rp 364.182.350. (*tim)