Pemkab Kupang Gelar Kegiatan Pelatihan Meubeler Bagi Warga

Bupati Kupang Tinjau Hasil kerajinan peserta pelatihan

Bupati Kupang Tinjau Hasil kerajinan peserta pelatihan

ZONALINENEWS – OELAMASI, Dalam rangka untuk menunjang  keahlian  warga Kabupaten Kupang dalam melakukan pekerjaan meubeler hingga bisa meningkatkan perekonomian warga dalam usaha meubeler, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kupang dalam hal ini Dinas Nakertrans Kabupaten Kupang gelar kegiatan  pelatihan meubeler selama 12 hari sejak tanggal 30 Juli hingga 10 Agustus 2015.

“Saya berharap  agar 30 peserta yang mengikuti pelatihan ini dapat mengaplikasikan ilmu dan pengetahuannya yang didapat lewat pelatihan tersebut  dengan membangun sebuah wirausaha meskipun usaha yang dibagun dimulai dari dari skala kecil, “kata Bupati Kupang Ayub Titu Eki dalam sambuatannya sekaligus menutup kegiatan Pelatihan Meubeler di kantor UPT. Balai Pelatihan Tenaga Kerja Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa 11 Agustus 2015 pukul 10.30 wita.

Dikatakan, bagi 30 peserta pelatihan dari lima kecamatan yang terdiri 24 Kecamatan yang ada di Kabupaten Kupang diantaranya, Kecamatan Kupang Tengah, Kecamatan Fatuleu Tengah, Amarasi Timur, Amfoang Selatan dan Amfoang Tengah bisa melanjukan ketrampilannya untuk usaha di Desanya masing – masing. “Keterampilan yang dimiliki ke30 peserta ini tentunya merupakan modal yang sangat berharga. Maka dari itu dari modal kealian yang didapati dari pelatihan ini harus dikembangkan secara baik. Sehingga bisa menjadi tindakan yang nyata untuk menggapi kehidupan yang lebih baik dari hari ke hari untuk kehidupan kedepannya, “kata Ayub.

Walaupun  waktu pelatihannya sangat singkat dan terbatas kata Ayub, Bupati Ayub  para peserta tetap mempraktekkan pengetahuan yang didapat ketika pulang di desa masing-masing. “Salah satu kunci mencapai sukses dalam berwirausaha adalah bagaimana kita berusaha mengembangkan usaha yang kita miliki secara baik, dengan penuh ketekunan. Dari hasil pelatihan itu kita bisa hasilkan uang dengan cara kita menyualnya. Tetapi cara kita menjualnya juga harganya jangan terlalu mahal sehingga banyak peminat yang ingin membelinya. Dengan demikian  usaha kecil yang dikembangkan mendapat simpati dan kepercayaan dari pembeli sendiri, dan usaha kita bisa berkembang lebih besar lagi kedepannya, “jelasnya.

Ia berharap, kegiatan – kegiatan yang dilakukan Dinas Nakertrans Kabupaten seperti ini dapat diteruskan setiap tahunnya. “Kegiatan ini sangat manfaatnya sangat  bagi kehidupan masyarakat, dimana masyarakat menjadi berdaya dan memiliki keterampilan yang jika dikembangkan dapat membuat kehidupan masyarakat menjadi lebih baik lagi, “ujarnya.

Sementara salah satu peserta kegiatan pelatihan asal Amfoang Tengah Mesak S sangat bersyukur dengan pelatihan meubeler yang dilakukan oleh Pemerintah. “Kita sangat bersyukur dengan adanya pelatihan ini karena, dengan adanya pelatihan ini diri kita bisa mendapat ilmu tentang ketrampilan meubeler. Kita disini srelain dilatih teknik – teknik membuat meubeler yang bagus, kita  juga dilatih untuk mengembangkan usaha dan bagaimana mendapatkan modal lewat koperasi. Sehingga kita bisa membagun usaha dari ilmu yang kita dapati dari pelatihan tersebut walaupun usahanya secara kecil – kecilan, “katanya. (*hayer)