PESONA SANGGAR KIUKBAUN YANG BANGGAKAN AMARASI

Personil Sanggar Kiukbaun foto bersama ibu Vena Melinda anggota komisi X DPR-RI

Personil Sanggar Kiukbaun foto bersama ibu Vena Melinda anggota komisi X DPR-RI

Zonalinenews-Kupang, Sanggar Kiukbaun sudah ada sejak tahun 2011 tetapi akta pendiriannya baru dibuat pada tahun 2015 dengan nomor akta 02/HK.13H/6/2015/PN.OLM Arti nama Kiukbaun sendiri yaitu semangat pagi yg menandakan telah berlalunya malam dan tiba saatnya untuk bekerja. Penata tari sanggar ini adalah Wika Afi Nepa Bureni, S.Pd dibantu penata musiknya Wilmesden Nepa Bureni, sedangkan Alex Nepa Bureni dan Asnat Bilistolen-Bureni sebagai Ketua dan sekretaris sanggar Kiukbaun.

Semuanya adalah ayah ibu dan anak-anak keluarga Nepa Bureni yg tinggal di kelurahan Sonraen, kecamatan Amarasi Selatan – kabupaten Kupang NTT. Para penari masih duduk dibangku SMP dan SMA, berikut profil mereka; 1. Jois Otemusu (16thn/bru tamat SMAN1 Amarasi Selatan dan berencana untuk lanjut kuliah 2. Lisdah Nepa Bureni (14 thn/SMPN1 Amarasi Selatan, 3. Aviva Kaseh 14thn/SMPN1 Amarasi Selatan, 4. Ayu Sahila Risky 14thn/SMPN1 AmSel, 5. Riska Tnunay 15th/SMAN1 AmSel, 6. Delila Ruku 13thn/SMPN1 AmSel 7. Wika Nepa Bureni, sementara adalah seorang guru honorer Berikut profil para pemusik: 1. Batis Dika Taopan 15thn /SMAN1 AmSel, 2. Wasti Masneno 15thn/SMAN 1 AmSel, 3. Eston Missa 14thn/SMPN1 AmSek, 4. Radar Diaz 15 thn/SMAN1,AmSel, 5. Sinyo Nepa Bureni SMAN1 AmSel.

Prestasi yang pernah diraih Sanggar Kiukbaun Pertama kali tampil mewakili kecamatan Amarasi Selatan di festival budaya kabupten Kupang dan meraih juara 2, kemudian mewakili kabupaten Kupang di Jambore Budaya NTT di kabupaten Rote Ndao thn 2011 Beberapa kali tampil di road show BKKBN tingkat nasional di Sonaf Baun Amarasi Barat tahun 2012 dan pernah tampil di Nelayan Resto di acara NTT Express serta masih banyak lagi acara yg diikuti sanggar Kiukbaun.

Pertengahan tahun 2013 mewakili Kabupaten Kupang di festival budaya NTT di Taman Budaya lewat musik tradisional. Untuk jambore di Rote dan festival di Taman Budaya ini, kiukbaun belum meraih juara. Juli 2014 mengikuti festival kabupaten dan meraih juara 2 tarian daerah. Bulan september 2014 mewakili kabupaten Kupang di festival budaya NTT di TTU dan meraih juara 1. Setelah pulang dari festival di kabupaten TTU semua personil Kiukbaun mendapat apresiasi berupa sertifikat dari pemerintah daerah kabupten Kupang. Bulan oktober 2014 Sanggar Kiukbaun juga mewakili kabupaten Kupang sekali lagi di Jambore pariwisata NTT di Atambua.

Dari prestasi di kabupaten TTU inilah, maka Sanggar Kiukbaun dipilih dari dinas Pariwisata propinsi mewakili NTT mengikuti HUT kota Jakarta tanggal 22-23 juni 2015 khusus mengisi acara di Pekan Raya Jakarta.. Sejauh ini, perhatiaan dari pemerintah kabupaten Kupang yaitu pernah di beri 1 paket alat musik elektronik : keybard, Speaker dan Mixer. (*Aner)