Presiden RI Jokowi Akan Buka Konggres GMNI di Sikka

Kongres GMNI

Kongres GMNI

Zonalinenews-Jakarta, Presiden RI, Joko Widodo akan membuka konggres Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) yang akan berlangsung pada 05/09/15 di Maumere kabupaten Sikka. Pada acara pembukaan Kongres XIX GMNI tanggal 05 September 2015 direncanakan akan dihadiri dan dibuka oleh Presiden Republik Indonesia Bapak Ir. H. Joko Widodo. juga akan hadir Presiden Republik Indonesia ke-5 Ibu Hj. Megawati Soekarnoputri yang merupakan alumni GMNI untuk menyampaikan Pidato Kebangsaan. Selain itu juga akan hadir beberapa Menteri Kabinet Kerja mendampingi Presiden Republik Indonesia.

Ketua Badan Pekerja Nasioanal Kongres XIX GMNI, Pius Agustinus Bria dari jakarta mengatakan Kongres XIX GMNI Jas Merah Kepulauan mengusung Tema “Mewujudkan Kedaulatan Maritim Indonesia Melalui Trisakti Bung Karno” yang akan diselenggarakan di Maumere Kabupaten Sikka Nusa Tenggara Timur pada tanggal 05 s/d 09 September 2015.

Dijelaskannya GMNI sebagai organisasi kader dan perjuangan yang berwatak Progresif Revolusioner menjadikan Kongres XIX GMNI ini sebagai peristiwa penting di tubuh organisasi yang terjadi 1 kali dalam 2 tahun untuk melakukan konsolidasi bersekala nasional melibatkan seluruh kader DPC dan Korda GMNI yang tersebar di seluruh Indonesia. Dinamika dan dialektika menjadi bagian penting dalam setiap perumusan kebijakan-kebijakan yang akan menjadi rekomendasi yang dihasilkanya.

“ Kongres XIX GMNI akan dihadiri oleh utusan-utusan DPC dan Korda GMNI yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.Momentum Kongres XIX GMNI kali ini tidak hanya sebatas proses restrukturisasi di tubuh organisasi dengan melahirkan kepemimpinan baru ditingkat nasional,” Jelasnnya.

Momentum Konggres Menurutnya juga diharapkan mampu merumuskan berbagai konsepsi serta melahirkan rekomendasi gerakan dan perjuangan GMNI yang mampu menjawab tantangan jaman, demi mewujudkan cita – cita Indeologi Marhaenisme yaitu terciptanya sosialisme Indonesia.

Setelah pembukaan direncanakan diadakanya dua sesi Seminar Nasional yang pertama seminar dengan tema “Mewujudkan Kedaulatan Maritim Indonesia Melalui Trisakti Bung Karno” dan sesi kedua dengan tema “Membangun Indonesia dari Daerah”. Yang nantinya dua materi seminar ini menjadi masukan-masukan penting bagi organisasi.

terselenggaranya kegiatan Kongres XIX GMNI lanjut Agustinus Bria , tidak terlepas dari peranan berbagai pihak yang ikut membantu secara moril maupun materil. dengan ini Kami selaku Badan Pekerja Kongres XIX GMNI mengucapkan terima kasih kepada Ketua Umum DPP PA GMNI Bapak Drs. Ahmad Basarah, M.H yang selalu mensyuport kami hingga sekarang, DPD PA GMNI NTT, DPC PA Se-NTT Gubernur NTT Bapak Drs. Frans Lebu Raya, PEMDA Sikka, dan Presidium GMNI Periode 2013-2015 dan Korda GMNI NTT peirode 2013-2015.

Ketua Korda GMNI NTT, Nonato Sarmento secara terpisah mengatakan NTT sebagai tuan rumah sudah siap untuk menyambut pelaksanaan konggres. Menurutnya saat ini seluruh cabang cabang yang ada di NTT sudah terkonsentrasi di Maumere sejak tanggal 29 agustus guna mempersiapkan pelaksanaan konggres.

“ Para peserta dari luar NTT akan tiba di maumere pada tanggal empat sehari sebelum pembukaan konggres. Sebagai tuan rumah ini adalah kehormatan bagi komunitas GMNI NTT yang ditunjuk sebagai tuan rumah. Apalagi di hadiri oleh dua presiden. Presiden ke 7 dan presiden ke 5 ibu megawati,” Jelasnya.

Kehadiran Presiden RI kata Mantan sekretaris cabang GMNI kupang ini merupakan sebuah spirit dan keberpihakan Jokowi kepada kaum marhenis. Momentum ini juga menurutnya merupakan sebuah pembuktian bahwa NTT sedang di tata oleh pempus sebagai show window di beranda NKRI karena NTT berbatasan dengan Australia dan Timor Leste. (*tim)