Tamu Hotel Lariskan Penjualan Ikan di Pantai Pasir Panjang

Tamu hotel saat mebeli ikan di Pantai pasir panjang

Tamu hotel saat mebeli ikan di Pantai pasir panjang

Zonalinenews-Kupang, Aktivitas penjualan ikan di sepanjang pesisisir pantai pasir panjang, rata-rata didominasi oleh warga pesisir kelurahan pasir panjang yang merupakan warga asli kelapa Lima Kota Kupang. Pantauan Zonalinenews senin 3 Agustus 2015, aktivitas penjualan ikan di sepanjang pesisir pantai Pasir Panjang terlihat ini begitu ramai, banyak pembeli yang turun dari kendaraan roda empat dan roda dua menghampiri tempat-tempat pedagang ikan tersebut, adapula pembelinya tamu-tamu hotel Aston, Swiss Berlin, On the Rock dan tamu-tamu hotel lainnya.

Seorang penjual Ikan pesisir pantai Pair Panjang, James mengatakan setiap harinya ikan-ikannya laku terjual, bahkan ada yang meminta dipaketkan untuk dikirimkan ke jakarta dan kota-kota lainnya dalam kemasan Boks.

“Para pelanggan berminat dengan ikan-ikan di sini karena kualitas ikannya yg masih segar-segar tanpa es alasanya ikan tersebut langsung di bongkar dari laut di tepi pantai yang merupakan hasil memancing yang langsung di pasarkan,”ujarnya.

Menurutnya, ikan disini harganya bervariasi dari jenis ikan dan ukurannya,dari 50.000 sampai 300.000. Di area penjualan tersebut lanjutnya juga di sajikan ikan bakar yang memang menjadi menu andalan dan harganya terjangkau dari kisaran Rp 65.000.

“Namun yang menjadi kekhawatiran penjual ikan ketika musim (bulan terang) para penjual kewalahan mendapatkan pasokan ikan, kalau soal cuaca angin dan ombak masih bisa di atasi tapi bulan terang nanti ikan susah di dapat bahkan sama sekali kita tidak berjualan,” kata james.

Untuk itu James menjelaskan para pedangan harus mengambil stok dari orang lain dengan harga ikan yang lumayan mahal sehingga mengakibatkan harga ikan naik dua kali lipat tapi pelanggan pun masih tetap ada yang membeli meskipun tidak ramai-ramai amat.

James menuturkan, keuntungan yang di dapat perhari dari hasil penjualan ikan tersebut 150.000-300.000, sangat membantu dan mencukupi untuk kebutuhan hidup.

James berharap , para pedagang ikan tersebut, semoga laut tidak tercemari dari limbah hotel dengan adanya banyak hotel yang menjamur di kota kupang meskipun rata-rata pelanggan mereka adalah para tamu hotel, ini butuh Kewaspadaan dengan begitu ikan-ikan akan susah di dapat karena pencemaran laut maka mata pencaharian merekapun terancam. (*Cesy)