Tim Reskrim Polres Belu Gagalkan Penyelundupan Mitan Ke Timor Leste

Barang Bukti Minyak Tanah yang diamkan di Polres Belu

Barang Bukti Minyak Tanah yang diamkan di Polres Belu

Zonalinenews-Belu, Anggota Reskim Polres Belu Jumat 7 Agustus 2015 berhasil mengamankan 2 ton BBM jenis minyak tanah (Mitan) yang hendak diselundupkan ke Timor Leste melewati jalur laut.

Demikian dibenarkan Kapolres Belu AKBP Raja Sinambela yang dihubungi melalui Kasat Reskrim AKP Jefry FanggidaE.

Menurtu Jefry, awalnya anggota Reskrim Polres saat melakukan patroli pada Rabu 5 Agustus 2015 pukul 19.30 Wita. “Ada gelagat yang mencurigakan sehingga anggota mendekati mobil dump truck bernomor polisi DH 2044 CE, setelah dilihat ternyata diatas dump truck ada muatan ada 33 jerigen berisi Mitan. Akhirnya sopir berinisial R diarahkan ke Polres Belu untuk diinterogasi tentang pemilik dari Mitan yang berada diatas truck,” ujar Jefry.

Dari hasil interogasi lanjutnya, didapati info bahwa pemilik Minta yang hendak diselundupkan ke Timor Leste tersebut merupakan milik warga Waketimun Kelurahan Umanen Kecamatan Atambua Barat. Keempat warga pemilik Mitan langsung didatangi dan semuanya mengakui kalau Mitan merupakan milik mereka.

Adapun keempat warga Wekatimun pemilik Mitan itu berinisial AT dan ED berjenis kelamin perempuan serta EB dan FK berjenis kelamin laki – laki. “Dari hasil interogasi selanjutnya didapati informasi kalau Mitan tersebut hendak diselundupkan ke Timor Leste melalui jalur laut,”jelas Jefry.

Ditegaskan Jefrey, karena jalur laut mulai tidak aman sehingga maka mau tidak mau pengamanan harus diperketat. “Kami sudah koordinasi dengan Kapolres untuk memperketat pengamanan jalur laut yang dulu sudah berkurang sekarang mulai marak kembali,” ujar Jefry.

Jefry menambahkan , rencananya para pelaku akan dikenakan pasal yang diatur dalam UU tentang BBM bersubsidi terkait aksi penimbunan. Selain itu untuk ahli akan dikoordinasikan dengan Pertamina mengingat ahli yang digunakan selama ini tidak diakui oleh jaksa penuntut umum.(*rob)