TNI AD Berhasil Gagalkan Keberangkatan 139 Calon TKI Ilegal Asal Belu

139 TKI  Asal Belum diamankan Anggota TNI Korem Wirasakti Kupang

139 TKI Asal Belum diamankan Anggota TNI Korem Wirasakti Kupang

ZONALINENEWS – KUPANG , Seratus tiga puluh sembilan ( 139 ) orang asal Kabupaten Belu Nusa Tenggara Timur (NTT) dihentikan secara paksa oleh TNI, setelah terindikasi sebagai calon tenaga kerja antara Daerah ilegal. Aksi penghentian ini berlangsung Jumat 28 Agustus 2015 pukul 07.00 wita.

Danrem 161 Wirasakti Kupang, Brigjen INF Henri mengatakan Mansardin alias Buyung yang diduga sebagai otak perekrut Tenaga Kerja Indonesia PT Karang Jaya Hijau Lestari di Kalimantan Timur ini membawa para pencari kerja yang tidak memiliki dokumen lengkap dan menyertakan balita hingga anak – anak usia sekolah. Sementara para perekrut disinyalir merupakan jaringan mafia perdagangan manusia , sehingga pihaknya langsung menyerahkan ke penyidik Polda untuk menjalani proses hukum.

Menurutnya, pihaknya sejak awal telah membuntuti kendaraan yang ditumpangi oleh para pencari kerja yang umumnya adalah warga baru EKS Timor – Timur, lalu kendaraan dihentikan anggota Intel Korem di Batas Kota Kupang, karena pergerakan para perekrut TKI ini, dari Atambuan telah dibuntuti oleh anggota Intel .

139 warga dari lima Wilayah Kabupaten Belu ini memenuhi areal kantor Intel Korem 161 Wirasakti.” Setelah lima bus yang mengangkut mereka dari Kota Atambua dipaksa berhenti dan ratusan orang yang terdiri dari laki – laki dan perempuan serta belasan bayi dan anak – anak ini harus memberikan keterangan kepada Penyidik Satuan Intel Korem karena terindikasi hendak diberangkatkan sebagai calon tenaga kerja antar daerah secara ilegal melalui pelabuhan laut Tenau,” Kata Brijen Inf Henri.

Henri menambahkan, TNI bertekad untuk membantu menekan angka Trafficking yang selama ini sering lolos dari pantauan,” pihaknya pun bertekad untuk menindak semua anggota yang terlibat dalam praktek ini”.ujarnya.(*Sari)