WARGA RT 04 RW 01 KELURAHAN KAYU PUTIH PEDULI LINGKUNGAN

Tampak warga sedang kerja bhakti  insert ( Marten Saubaki)

Tampak warga sedang kerja bhakti insert ( Marten Saubaki)

Zonalinenews-Kupang, Layak dicontohi untuk ditiru dari aksi warga RT 04/RW 01 Kelurahan Kayu Putih Oebobo Kupang. Minggu sore 9 Agustus 2015 tampak berbondong-bondong warga setempat membersihkan jalan, selokan, semak, dan mengumpulkan sampah-sampah yang dibuang oleh pengguna jalan lain. Aksi ini merupakan rutinitas warga yang dilakukan sebagai apresiasi terhadap lingkungan yang bersih dan asri

Marten Saubaki Ketua RT 04 mengaku senang dengan perilaku warga yang sadar untuk terus melakukan kegiatan Jumat dan Minggu bersih.

Ia menuturkan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan tetap sejak menjadi dan dipercayakan sebagai Ketua RT.

Ia juga menuturkan aksi warga dilakukan selain mendukung program Pemerintah Kota Kupang dalam Kupang Green and Clean (KGC), juga karena kesadaran warga menganggap jika lingkungan bersih maka warga akan sehat, sehingga aksi warga muncul dari program pemerintah namun dari kesadaran masing-masing warga.

Ian Haba Ora warga yang baru menetap di RT 04 mengaku senang dan bangga ambil bagian dalam aksi bersama warga yang baru dikenalnya. Selain ramah dan sopan, warga setempat juga peduli dengan lingkungan sekitar.

Ia pun mengharapkan agar kerja bhakti yang dilakukan warga setempat menjadi contoh untuk warga yang lain. “warga tidak boleh beraksi jika ada pemberitahuan dari pemerintah namun harus secara sadar untuk melakukan dan menjaga lingkungan sekitar”, ujar Ian yang juga penulis buku.

Sarah Lalus ibu Rumah Tangga yang juga ikut dalam kegiatan dimaksud mengaku sering aktif mendukung kerja bhakti ini karena menurutnya sangat bermanfaat dalam menjaga pola hidup sehat dilingkungan sekitar. Selain itu, ini juga digunakan oleh para ibu Rumah Tangga untuk saling berbaur dan bercerita dalam rangka kerja sambil ngobrol, ungkap istri dari Fetor Saubaki ini.

I Nyoman Winata Ketua RW 01 Kelurahan Kayu Putih yang turut dalam aksi tersebut mengaku senang dengan warganya yang aktif dalam menjaga kebersihan liingkungan. Ia pun mengaku senang karena rutinitas Jumat dan Minggu bersih ini muncul dari kesadaran warga bukan dari dorongan aparat pemerintah seperti kelurahan. (*tim)