BMKG Gelar Sosialisasi Bagi Pekerja Media di Kupang

Para peserta Sosialisasi BKMG poses bersama para pimpinan BMKG sebelum acara kegiatan

Para peserta Sosialisasi BKMG pose  bersama para pimpinan BMKG sebelum  kegiatan sosialisasi

Zonalinenews-Kupang, Badan Meteorologi, Klimatoligi dan Geofisika (BMKG) mengelar sosialisasi Klimatologi dan Geofisika kepada pekerja media di Kupang. Kepala Biro Hukum dan Orgsnisasi (BMKG) Pusat, Darwahyuniati,SH.MH dalam sambutannya yang dibacakan Drs Eko Supryanto,MM pada acara pembukaan Kegiatan sosialisasi , Senin 16 September 2015 pukul 09.30 wita di aula Stasiun Geofisika Klas I Kupang, menjelaskan BMKG berkewajiban menyampaikan informasi cuaca iklim dan kegempaan ke berbagai pemangku kepentingan.

Menurutnya dalam memberikan layanan informasi BMKG memiliki standar operasional prosedur dibidang meteologi klimatologi kualitas udara dan geofisika. Dalam menjalankan tugasnya BMKG didukung 178 stasiun pengamatan yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia yang terdiri atas 120 stasiun Metrologi, 33 Statiun Geofisika, 21 Stasiun klimitologi, dan 3 stasiun Global Atmofer Wath (GSW) di Kototobang, Palu, dan Sorong.

Selain itu BMKG juga memiliki 5 Balai Wilayah Besar Metrologi, Klomatologi, dan Geofisika di Medan , Ciputat,Bali Denpasar, Makasar, dan Papua.

Ia menjelaskan, kegiatan yang dilaksanakan merupakan tindak lanjut dari implementasi dari kegiatan penguatan kerja sama dengan media yang dilaksanakan dari tahun 2009 hingga 2011, yang mana pada tahun 2009 terlaksana kerja sama dengan media Pos Kupang.

Adapun tujuan dari kegiatan sosialisasi ini lanjutnya adalah menumbuhkan kesepahaman dalam menyebarluaskan informasi meteorologi , klimatologi dan geofisika secara tepat, dan akurat kepada masyarakat luas.

Acara sosialisasi ini dilaksanakan selama sehari dengan pembicara dari media perwakilan Pos Kupang, Marsel Ali. Serta BMKG (*tim)