Investor Australia Lirik Batu Mangan di Kabupaten Kupang

Pemkab Kupang rapat dengan investos Autralia Gulf Manganese Corporation Limited

Pemkab Kupang rapat dengan investos Autralia Gulf Manganese Corporation Limited

ZONALINENEWS – OELAMASI, Potensi dan kekayaan alam batu mangan di Kabupaten Kupang terus mendapat perhatian dan menarik minat investor-investor mancanegara. Setelah investor dari Korea dan Tiongkok, kali ini datang investor asal negara Kanguru Australia yakni Gulf Manganese Corporation Limited (Perusahaan mangan terbesar nomor 4 di dunia) yang menyatakan keinginannya untuk membangun smelter mangan di Kabupaten Kupang.

Keinginan besar Gulf Manganese Corporation Limited berinvestasi di Kabupaten Kupang dikarenakan kualitas mangan di Pulau Timor khususnya di Kabupaten Kupang merupakan kualitas yang terbaik sehingga sangat bagus untuk diolah menjadi baja berkualitas dunia. Hal ini diungkapkan Ketua Gulf Manganese Corporation Limited Michael Kiernan saat sosialisasi dan tatap muka dengan Pemerintah Kabupaten Kupang, Senin 14 September 2015 di Kantor Bupati Kupang Oelamasi.

Sosialisasi dan tatap muka antara Pemerintah Kabupaten Kupang dan Gulf Manganese Corporation Limited dipimpin oleh  Sekretaris Daerah Kabupaten Kupang Drs. Hendrik Paut, M.Pd. Turut hadir dalam pertemuan ini Ketua Komisi B Kabupaten Kupang Anthon Natun serta para pimpinan SKPD dilingkup Pemkab Kupang diantaranya Asisten II Setda Kabupaten Kupang Victoria Kanahebi, Kepala Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perijinan Terpadu Kabupaten Kupang Johanis Munah, Camat Kupang Barat Yesay Lanus. Sementara dari Gulf hadir juga Direktur Techincal Kevin Parker serta akademisi NTT yang juga merupakan advisor lingkungan Dr. Herry Kotta.

Ketua Gulf Manganese Corporation Limited Michael Kiernan menyatakan bahwa bisnis mangan Australia dibangun untuk menjadi pemasok berkadar tinggi dan menghasilkan logam campuran besi mangan berkadar 78 % dengan kualitas premium. Rencananya Gulf Manganese Corporation Limited akan membangun smelter mangan di Timor Barat, Bolok Kecamatan Kupang Barat Kabupaten Kupang untuk mendukung keberhasilan Industri Hilir Nasional dimana rencana Engineering dan pengembangan Smelter telah selesai dibuat, tinggal menunggu persetujuan dari Pemerintah Indonesia.

Michael Kiernan menyatakan bahwa pembangunan pabrik ini nantinya akan menggunakan kolom elektroda modern Robust dengan sistem teknologi tinggi yang memenuhi persyaratan lingkungan internasional, dengan sistem modular batching feed terpadu, kolom elektroda, sistem pengurangan asap, sistem tambahan yang dibangun dalam kurun waktu 5 tahun 2016-2010 sehingga diharapkan akan menciptakan 650 pekerjaan langsung dan 4500 pekerjaan tidak langsung dengan modal 66 Juta Dolar. “Tentu jika Gulf mendapat ijin Pemerintah Indonesia untuk dapat beroperasi akan menyerap sangat banyak tenaga kerja dari NTT sehingga dan pastinya akan memberikan peningkatan taraf hidup masyarakat di NTT khususnya bagi masyarakat di Kabupaten Kupang,” Ungkap Michael.

Sekda Kabupaten Kupang Drs. Hendrik Paut, M.Pd dalam sambutannya mengapresiasi dan menyambut baik rencana Gulf Manganese Corporation Limited berinvestasi di Kabupaten Kupang. Dinyatakan Sekda Paut, Pemerintah Kabupaten Kupang sangat membuka diri terhadap investasi yang ingin dilakukan oleh para investor baik dari dalam maupun dari Luar Negeri membangun masyarakat Kabupaten Kupang dengan menanamkan modalnya di Kabupaten Kupang. Hal penting yang diungkapkan Sekda Paut ialah harapan Pemerintah agar para investor yang ingin mengelola kekayaan alam di Kabupaten Kupang dapat membangun Smelter. Jadi tidak hanya sekedar mengambil kekayaan alam tetapi juga mendirikan pabrik/smelter sehingga dapat menyerap tenaga kerja dari masyarakat dan memberikan implikasi nyata bagi peningkatan taraf hidup masyarakat. Terkait dengan mekanisme Perijinan yang akan dilakukan, Sekda Hendrik minta jajaran Gulf dapat membangun komunikasi yang intensif baik dari Pemerintah Pusat, provinsi hingga Kabupaten terkait proses perijinannya, Amdal, dan dokumen lainnya sehingga apa yang diharapkan dapat terwujud. (*hayer)