Pekerjaan Jalan Aspal Hotmix, Ruas Jalan Kilo Meter 35 Waingapu Lampaui Target

Pengerjaan HotMix ruas jalan kilo meter  35 Waingapu cs

Pengerjaan HotMix ruas jalan kilo meter 35 Waingapu cs

ZONALINENEWS – Waingapu, Proyek pekerjaan jalan aspal Hotmix, ruas jalan kilo meter  35 Waingapu cs yang dibagun berkala  sepanjang 8 kilo meter yang dikejakan oleh PT. Teratai telah melampaui target fisik. Pasalnya, pekerjaan fisik proyek tersebut dibulan September telah mencapai 70 persen. Hal ini disampaikan PPK 18 Kota  Sumba Timur Balai Wilayah VIII Bina Marga Ori Papote kepada wartawan di Waingapu, Kamis 17 September 2015 pukul 14.30 wita.

Menurut Ori, pekerjaan jalan aspal Hotmix, ruas jalan kilo meter  35 Waingapu cs dilakukan sesuai kontrak selama 180 kalender, sejak bulan Mei hingga akhir masa kontrak bulan November 2015 mendatang. “Kegiatan ini sesuai kontak dilakukan bulan Mei hingga November 2015 mendatang. Namun dibulan September ini saja volume pekerjaan telah masuk 70 persen. Dan artinya pekerjaan sepanjang 8 kilo meter ini dalam waktu dekat, bahkan belum habis masa kontak sudah dipasitikan selesai pekerjaannya,” katanya.

Pekerjaan jalan aspal Hotmix, ruas jalan kilo meter  35 Waingapu cs ungkapnya, didanai oleh APBN 2015 dan dikerjakanan oleh PT. Teratai dengan sistim kereyokan, dimana semua alat dan tenaga milik perusahan diturunkan dilokasi pekerjaan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. “Saya perintah perusahaan agar semua tenaga dan peralatan untuk kerja harus terus semua dilokasi, seluruh pekerjaan pendukung seperti item pekerjaan pasangan drainase, tembok penahan dan jalan yang dibagun lebarnya berfariasi dari enam meter hingga 12 meter, seluruhnya bisa selesai sebelum jangka waktu mati kontak. Sehingga akses jalan dari perkotaan menuju pelabuhan utama Waingapu, Sumba Timur bisa difungsikan dengan normal secepatnya,” jelsanya.

Sementara itu ditempat terpisah salah satu warga Kelurahan Hambala Kabupaten Sumba Timur Irfan Renol mengatakan, dirinya sangat bersyukur degan adanya pekerjaan jalan tersebut. Pasalnya, jalan tersebut baru pernah direhab lagi setelah puluhan tahun yang lalu. “Jalan ini sudah rusak sejak puluhan tahun yang lalu. Dan beberapa tahun yang lalu sebelum ada pekerjaan jalan ini warga sekitar sini penah melakukan aksi penanaman pohon dibagian jalan yang berlubang,” katanya.

Dijelaskan, jalan tersebut sangat layak di prioritas perbaikannya karena jalan tersebut adalah jalan satu – satunya didalam kota Waingapu yang aksesnya menuju ke pelabuhan utama Waingapu. “Jalan ini, satu – satu jalan yang menghubungkan kota Waingapu dan pelabuhan. Dimana pelabuhan Waingapu adalah pelabuhan  utama  untuk KM penumpang Pelni maupun untuk tempat bonkar muat kapal barang, sehingga fungsi besar jalur ini bisa menghidupkan perekonomian di kota Waingapu bankan di  Kabupaten lain di daratan Sumba ini,” ungkapnya. (*hayer)