Santunan Kematian Tahun 2015 di Kota Kupang Akan Terjadi Over Kuota

Suasan Antrian di  Kantor Dispenduk Kota Kupang

Suasana Antrian di Kantor Dispenduk Kota Kupang

ZONALINENEWS – KUPANG, Diawal  tahun 2015,  hingga akhir september, bantuan santunan kematian sudah dialokasikan kepada 800 lebih kepala keluarga tidak mampu dengan dengan alokasi anggaran sebesar Rp. 2 miliar lebih, dan diperkirakan akan kembali mengalami over kuota karena  tahun 2015 masih tersisa empat bulan lagi. Demikian dikatakan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Kupang, David Mangi kepada wartawan di gedung DPRD Kota Kupang, Senin 28 September 2015 pukul 10.30 wita.

Menurutnya, pemerintah Kota Kupang setiap tahunnya mengalokasikan anggaran sebesar Rp. 2,5 miliar untuk pemberian santunan buat seribu kematian dikalangan keluarga tidak mampu. Besaran alokasi anggaran santunan kematian setiap tahunya sebesar Rp. 2,5 miliar, dan tahun lalu mengalami over kuota sebanyak 14 orang serta pemerintah mengalokasikan anggaran tambahan sebesar Rp. 35 juta.

“Tahun ini kami lebih ketat dalam menyeleksi KK yang pantas menerima bantuan santunan kematian. Meskipun begitu saya yakin masih ada over kuota karena masih ada empat bulan tersisa. Tapi over kuota mungkin hanya sedikit dan tidak sebesar tahun lalu,” katanya.

Dikatakan, setelah mengalami over kuota pada tahun 2014  dalam pemberian uang santunan kematian kepada warga miskin  di Kota Kupang, ditahun 2015 diperkirakan akan terjadi lagi over kuota seperti tahun 2014 yang lalu. (*hayer)