127 SISWA LULUS SELEKSI TEST KESEHATAN IKUTI DIKLAT BEASISWA BST APBNP 2015

Kerjasama SMK 7 Kupang dan PIP Semarang

Seleksi kesehatan di SMK 7 Kota Kupang

Seleksi kesehatan di SMK 7 Kota Kupang

Zonalinenews-Kupang , Kerjasama SMK 7 Kota Kupang dan Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang telah melaksanakan test seleksi kesehatan untuk mengikuti test kesehatan Basic Safety Training untuk mendapatkan sertifikat pelaut . Peserta yang mengikuti test kesehatan guna menerima beasiswa sebanyak 138 orang, tetapi yang lulus seleksi sebanyak 127 orang dan sisanya 11 siswa orang dipersiapkan untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan tahap berikutnya. Program semacam ini adalah upaya strategis bagi para siswa untuk siap menguasai laut dan menjadi pelaut sejati dengan pembekalan pendidikan yang cukup maka mereka siap “masuk laut” mengarungi samuedara yang kaya akan potensinya di Kawasan Indonesia Timur sesuai program Presiden RI Joko Widodo.

“Test seleksi ini berjalan sukses dan lancarnya berkat kerjasama dan koordinasi yang baik antar sekolah, baik SMK yang ada didaratan Timor maupun dari SMK yang ada di Kabupaten Rote dengan Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang melalui program Beasiswa Pendidikan dan Pelatihan APBNP 2015, “ ungkap Dra. Yeftasi MA. Nitti, Kepala Sekolah SMK 7 Kota Kupang kepada Zonalinenews Jumat 23 Oktober 2015 Pukul 12.00 wita

Program kerjasama ini, tambah Nitti, menjadi penting dan strategis bagi salah satu dasar untuk pemenuhan sertifikat pelaut yang merupakan salah satu syarat mutlak yang diperlukan siswa apabila mereka akan praktek di kapal. Untuk tahun ini, peserta yang mengikuti seleksi test kesehatan untuk program BST Beasiswa Diklat APBNP 2015, yaitu SMK 7 Kota Kupang, SMK Kencana Sakti, Lasiana, Kepala Lima, SMK Wini, Kabupaten Kefa, SMK Mentari Bolok, SMK 1 Naibonat, Kabupaten Kupang, SMK Pelayaran Lasiana, SMK 1 Pantai Baru, Kabupaten Rote, SMK Negeri Boking, Kabupaten TTS, Soe, dan peserta dari jalur umum.

“Peserta ang menghikuti test seleksi kesehatan itu dioandu langsung oleh ibu Yani Djari dari PIP Semarang ang dibantu dua tenaga dokter dan didukung oleh staff pengajar dari SMK 7 Kota Kupang berjalan sukses. Kami berterimakasih kepada PIP Semarang yang telah memilih SMK7 Kota Sebagai tuan rumah dan untuk ke depan dapat melalkukan kerjasama di bidang lainnya,” ungkap ibu Nitti optimis.

Dalam keterbatasan, tambah ibu Nitti, perjuangan untuk pembenahan dan pengembangan sekolah agar dapat menjadi tempat yang nyaman dan suasana belajar-mengajar dapat berjalan baik dan mampu memberkan prestasi yang baik kepada para siswa-siswi. Suasana belajar dan peralatan praktek masih sangat dibutuhkan oleh SMK 7 dalam upaya meningkatkan kualitas belajar-mengajar siswa dan para guru, sehingga kami sangat membutuhkan dukungan dana dari pemerintah, donatur dan juga dari hasil kerjasama antar dunia pendidikan.

Menurut ibu Nitti, SMK 7 memiliki tiga jurusan yaitu, jurusan Navtika KapalaNIaga, jurusan Teknik Kapal Niaga dan jurusan Teknik Kompoter dan jaringan. Untuk ke depan kita akan terus berneah diri dalam pengembangan ruang kelas dan laboratorium serta pengembangan tenaga kependidikan yang merupakan syarat mutlak dalam peninghkatan kualitas pendidikan bagi SMK 7 Kota Kupang. “Kami bangga SMK 7 Kota Kuopang ditunjuk untuk mempersiapkan program test seleksi kesehatan calon peserta beasiswa Diklat BST APBNP 2015, semoga kegiatan serupa dapat dilakanakan kemnbali atau dengan bentuk program lainnya, “ harap ibu Niiti optimis. (john pereira)