15 PERSEN WARGA ASING GUNAKAN JASA TRANSPORTASI UDARA

kepala Bandara D.C.Saudale Rote Ndao Ir.I.Ketut Gunarsa

kepala Bandara D.C.Saudale Rote Ndao Ir.I.Ketut Gunarsa

Zonalinenews-BAA, Aktifitas transportasi udara di Bandara D.C.Saudale dalam tahun 2015 ini mngalami peningkatan yang cukup signifikan, dan dari peningkatan pengguna jasa trnasportasi udara di Bandara D C saudale sebanyak 15 persen dari pengguna jasa angkutan udara adalah para warga asing yang melakukan wisata ke Kabupaten Rote Ndao.Hal ini disampaikan Kepala Bandara D C Saudale Rote Ndao, Ir I. Ketut Gunarsa di Kantornya hari ini jumat 23 Oktober 2015 pukul 14:02 wita

Kepada Zonaline News Ia, mengatakan, arus penumpang dan pengguna jasa pesawat di bandara D C Saudale mengalami kenaikan dan peningkatan jumlah pengguna jasa transportasi udara tersebut mengalami perubahan. beda dari waktu sebelumnya termasuk adanya perubahan aktifitas penerbangan dari tiga kali seminggu menjadi setiap hari. demikian ungkap Ketut Gunarsa yang sudah menakodai Bandara D C Saudale hampir dua tahun ini.

 Dijelaskannya, Aktifitas pelayanan di pelabuhan D C Saudale Rote Ndao semakin meningkat karena sebelumnya jasa penerbangan pesawat dari satu kali seminggu kini sudah setiap hari. Selain itu jangkauan masyarakat terhadap biayapun bisa disanggupi oleh kalangan masyarakat biasa karena biaya tidak berbeda dengan transportasi laut.

 “ Saat ini ongkos naik pesawat sudah sama dengan tiket bahari, bahkan tiket transportasi laut PP Rote Kupang lebih besar dari naik pesawat” Ujar Ketut Gunarsa.

Selanjutnya jelas Ketut Gunarsa, peningkatan pengguna jasa transportasi udara di Bandara D.C.Saudale untuk tahun 2015 ini lebih dominan dimanfaatkan oleh kalangan dunia usaha dan para wisatawan asing.

Untuk warga asing yang menggunakan jasa transportasi udara pada Bandara D C Saudale mencapai 15 sampai 20 persen dari jumlah penumpang. Sementara pengguna jasa pesawat dan bandara lainnya adalah masyarakat biasa plus PNS yang berangkat tujuan Kupang.

Data keberangkatan tahun 2014. Rute penerbangan Rote –Kupang sebanyak 185 kali penerbangan dengan jumlah penumpang 2.629 orang. Sementara untuk sekarang dengan jadwal penerbangan setiap hari dalam seminggu rata-rata semua sheet (tempat duduk) terisi penuh dengan penumpang yang berangkat rata-rata 60-70 penumpang bahkan hingga 74 orang perhari dari kapasitas pesawat sebanyak 75 orang. Hal ini mulai berlangsung sejak 7 oktober 2015 yang lalu saat jadwal penerbangan dimulai setiap hari dari sebelumnya tiga kali seminggu. Jelasnya.

Menurut Ketut Gunarsa sebagai pembanding peningkatan pengguna jasa transportasi udara di Bandara D.C. Saudale, untuk volume penumpang Tahun 2015 total hingga bulan Juni 2015 sudah mencapai 4.600 penumpang dengan kapasitas penerbangan tiga kali dalam seminggu.

Karenanya lanjut Gunarsa, volume peningkatan pengguna transportasi udara akan meningkat lagi dengan jadwal penerbangan setiap hari yang dimulai pada oktober 2015 ini dan sampai dengan akhir tahun akan diestimasikan pengguna jasa transportasi udara di Bandara D.C.Saudale bisa mencapai 10.000 lebih penumpang

“Untuk jadwal hari ini saja, waktu tadi pagi saya cek ke tempat penjualan tiket tersisa tiket yang belum dijual itu dua sheet, ini sangat meningkat sekali dengan waktu kemarin” ujar Ketut Gunarsa.

Menurut Ketut Gunarsa volume peningkatan pengguna jasa transportasi udara semakin naik karena untuk transportasi Rote-Kupang dan sebaliknya hanya mendapat daya dukung transportasi laut secara normal akibat pengaruh cuaca hanya 4 dari 12 bulan.

Perjalanan perhubungan laut dalam setahun yang nyaman untuk aktifitas hanya 4 bulan dan tidak nyaman 8 bulan karena disebabkan cuaca angin, hujan dan badai gelombang. Sehingga untuk Kab Rote harus disiapkan penerbangan udara yang berkesinambungan

Terhadap kondisi ini dalam mendukung aktifitas transportasi, seharusnya kedepan ada penambahan kapasitas. Baik, berupa peningkatan Frenkuensi dari 1 kali sehari ditambahkan frenkuensi 2 kali sehari penerbangan atau pesawat dinaikan kapasitas yang lebih besar untuk penambhan penambahan sheet penumpang. Jelasnya.

Terkait harga tiket Ia menjelaskan, untuk harga tiket memang bervariasi tapi harga rata-rata Rp.154.000 – Rp.418 000. Ini sangat membantu masyarakat Rote Ndao, beda dengan penerbangan sebelumnya. Ada penumpang yang mencarter pesawat dengan harga tiket Rp 750 000 – Rp 1 juta per sheet namun sekarang lebih murah dari tiket Bahari expres hingga Rp.195 000.(*Rian Tulle)