1500 PNS Lingkup Pemkab Kupang Diambil Sumpah/Jabatan PNS

Sekda Kabupaten Kupang Hendrik Paud membacakan ikrar sumpah dan Janji PNS

Sekda Kabupaten Kupang Hendrik Paud dalam sambutannya pada acaara  sumpah dan Janji PNS Kabupaten Kupang

ZONALINENEWS-OELAMASI, Sebanyak 1500 PNS dilingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kupang mengangkat sumpah/janji diambil sumpah PNS oleh Pemkab Kupang di Aula kantor Bupati Kupang, Kamis 1 Oktober 2015 pukul 09.30 wita. Acara pengambilan sumpah/janji lingkup Pemkab Kupang digelar secara maraton selama dua hari yakni dari tanggal 1 Oktober hingga 2 Oktober 2015 yang dipimping oleh Sekda Kabupaten Kupang Hendrik Paut.

Sekda Kabupaten Kupang Hendrik Paut dalam sambutannya mengatakan, Pengambilan Sumpah PNS ini merupakan bagian dalam membina PNS yang bersih, jujur dan sadar akan tanggung jawabnya sebagai unsur apartur negara dan abdi masyarakat yang melayani bangsa dan negara serta masyarakat dengan sebaik-baiknya sesuai dengan Peraturan Pemerintah No.8 Tahun 2010 pasal 3 ayat 1 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil.

Menurutnya juga, pengambilan sumpah PNS tersebut mengingatkan bahwa PNS memiliki kedudukan yang sangat startegis sebagaimana yang diamanatkan dalam UU No.5 Tahun 2014 tentang ASN bahwa Aparatur Sipil Negara harus memiliki integritas, profesional, Netral dan bebas dari intervensi politik serta bersih dari praktek korupsi, kolusi dan nepotisme. Selain itu seorang PNS harus mampu menyelenggarakan pelayanan publik terbaik kepada masyarakat dan mampu menjalankan peran sebagai unsur pelekat persatuan dan kesatuan berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

“Dengan pengambilan sumpah atau janji PNS diharapkan  PNS atau Aparatur Sipil Negara memiliki tanggung jawab moral dan ikrar/janji untuk mewujudkan pelayanan publik yang terbaik. Sekda Hendrik Paut menyatakan kepada semua aparatur yang diambil sumpahnya bahwa janji yang diikrarkan tersebut bukan saja dilaksanakan didepan manusia tetapi juga dihadapan Tuhan Yang Maha Kuasa sehingga dalam pelaksanaan tugas harus benar-benar bertanggung jawab. Dikatakan paut, Wujud nyata sumpah janji PNS ini ialah terbentuknya PNS yang setia dan taat sepenuhnya kepada Pancasila, UUD 1945 dan Pancasila serta PNS yang melaksanakan tugas sesuai dengan koridor peraturan Perundang-undangan yang berlaku,” kata Hendrik.

Kepala BKD Kabupaten Kupang Messak Elfeto dalam laporannya menyatakan bahwa pelaksanaan sumpah/Janji PNS merupakan sebuah kewajiban yang harus dilakukan oleh seorang aparatur negara. Dikatakan bahwa pengambilan sumpah janji ini selain diikuti oleh pegawai Negerai baru, diikuti juga oleh PNS lama yang belum pernah mengambil sumpah PNS. Dirinya menyatakan pelaksanaan pengambilan sumpah/janji PNS dilingkungan Pemkab Kupang akan dilaksanakan kembali demi mengakomodir PNS yang belum mengambil sumpah/Janji PNS. (*hayer)