2016 Pemkot Kupang , Canangkan Program Listik dan Air Gratis Bagi Warga Miskin

Walikota Kupang Jonas Salen Berkantor di Kelurahan Manutapen

Walikota Kupang Jonas Salen Berkantor di Kelurahan Manutapen

ZONALINENEWS – KUPANG, Selain program, raskin gratis, uang tunjangan orang mati, Brigade Kupang Sehat (BPJS), dan dana Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat (PEM) program Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang yang sudah berjalan, di tahun 2016 mendatang Pemkot Kupang mencanangkan program listik dan air gratis bagi warga miskin. Hal ini diungkapkan Walikota Kupang Jonas Salean saat berkantor di Kelurahan Manutapen, Kamis 8 Oktober 2015 pukul 09.00 wita.

Menurut Jonas, ditahun 2016 selain ada program listrik dan air gratis bagi warga miskin. Pemkot Kupang bersama DPRD Kota Kupang telah membahas anggaran untuk raskin 14 bagi warga miskin. “Bagi warga miskin yang menerima listrik dan air gratis itu sudah sesuai dengan pendataan yang dilakukan oleh RT disetiap kelurahan. Maka dari itu saya berharap 2016 mendatang jangan ada lagi warga yang maki – maki kepada Walikota, karena semua program ini bentuk perhatian pemerintah terhadap warga miskin yang ada di Kota Kupang,” katanya.

Dikatakan, beberapa waktu lalu ada pertemuan kepala daerah seluruh indonesia bersama presiden Jokowi di istana negara. Pada saat pertemuan dirinya telah meminta kepada presiden Jokowi agar seluruh pendataan untuk raskin 14 akan dilakukan oleh RT dimasing – masing kelurahan. “Pendataan yang dilakukan oleh RT telah dilakukan dan pada bulan Juni – Juli telah diverifikasi di pusat, maka dari itu  untuk penerimaan raskin 13 yang awalnya hanya 14 ribu KK diadakan  penambahan sebanyak enam ribu kk sehingga ditahun 2016 mendatang pembagian raskin 14 meningka menjadi 21 ribu kk warga miskin. Dan dari hasil pendataan ini raskin ini kita akan pakai untuk pembagian listik dan air gratis juga di tahun 2016 mendatang” ungkap Jonas.

Sesuai perintah presiden Jokowi jelasnya, pembagian raskin 14 dibagikan pada bulan November sehingga semua ini bisa mengantisipasi kemarau musim kemarau panjangan. Dana yang telah disiapkan Pemkot Kupang  untuk raskin 14 sendiri sebesar adalah sebesar tujuh milyar lebih,” jelas Jonas. (*hayer)