Daftarkan Diri Segera Ikut Audisi Putri Pariwisata NTT

Putri Indonesia (foto wwwpiutriindonesia)

Putri Indonesia (foto wwwpiutriindonesia)

Zonalinenews-Kupang, Pemilihan Putri Pariwisata NTT merupakan salah satu bentuk dari pelestarian serta upaya mempromosikan Budaya Daerah dan juga akan menggairahkan daya tarik dan daya dorong bagi wisatawan untuk mengunjungi Nusa Tenggara Timur sebagai satu destinasi pariwisata unggulan di Indonesia, Demikian diungkapkan Sekertaris Dinas Pariwisata Ekonomi Kreatif NTT, Willy Rame Rohimone di ruang kerjanya senin 19 Oktober 2015.

Willy menjelaskan, pemilihan Duta Pariwisata NTT mempunyai visi guna meningkatkan peran pariwisata sebagai satu komponen pembangunan dan juga sebagai salah satu upaya nyata bagi gerenarsi muda NTT untuk melesatarikan budaya asli daerah NTT menjadi salah satu sumber kekayaan dan kekuatan nasional.

“Setelah pemilihan putri Pariwisata Tingkat Provinsi NTT, maka ada juga pemilihan Putri Pariwisata Tingkat Nasional dengan tujuan agar para Putri Pariwisata NTT Tingkat Provinsi dan daerah lebih maju dan menambah pergaulan dan wawasan pada tataran nasional. Dan sudah menjadi konsep pemikiran agar ke depan Pemilihan Putri Pariwisata akan menjadi pelopor kebangkitan identitas Kebudayaan Nasional. Kegiatan Pemilihan Putri Pariwisata Indoenesia diharapkan dapat mempengaruhi generasi muda untuk kembali bangga akan identitas asli bangsa Indoensia, sebagai salah satu upaya peningkatan peran pariwisata sebagai komponen penting pembangunan,”ungkapnya.

Menurut Willy Rame Rohimone, dasar hukum pelaksanaan audisi Putri Pariwisata adalah UU No 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan, Instruksi Presiden RI No 16 Tahun 2005 tentang Kebijaksanaan Pembangunan Kebudayaan dan Pariwisata, Rencana Strategis (RENSTRA) Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi NTT Tahun 2014-2018, Program Kerja Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi NTT , Program Kerja Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi NTT Tahun Anggaran 2015 dan Keputusan bersama antara Dinas Kebufdayaan dan Pariwisata Provinsi NTT dengan Dinas Pariwisata Kabupaten/Kota Nomor :050/67/2005 tentang Promosi bersama pariwisata.

Adapun maksud dan tujuan diadakannya audisi Putri Pariwisata adalah melakukan kegiatan pemilihan Putri Pariwisata Tingkat Provinsi NTT Tahun 2015. Menumbuhkembangkan kesadaran, kepedulian dan rasa cinta akan budaya lokal kepada masyarakat, khususnya remaja dan generasi muda NTT yang dinamis, kreatif dan cerdas yang akan menjadi ujung tombak Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam mempromosikan Kepariwisataan NTT serta mendorong keterlibatan generasi muda dalam kegiatan kepariwisataan, khususnya pada program-program yang responsif gender. Sedangkan tujuannya antara lain : 1) mendapatkan seorang Putri Pariwisata NTT Tahun 2015, 2) Memfasilitasi Putri Pariwisata NTT enjadi Putri Pariwisata Nasional, 3) Mendidik generasi muda NTT agar tidak hanya tampil cantik diluar saja, tetapi mempunyai wawasan yang luas serta memiliki kepribadian yang baik (inner beauty).

Lokasi Pelaksanaan Kegiatan

Lokasi pelaksanaan kegiatan atau event Putri Wisata Tingkat Provinsi NTT Tahun Anggaran 2015 diselenggarakan di Kupang dan pengiriman satu orang Finalis Putri Pariwisata NTT ke tingkat Nasional yang akan diselenggarakan di Jakarta. Waktu pelaksanaan atau event kegiatan Pemilihan Putri Pariwisata Tingkat Provinsi NTT Tahun Anggaran 2015 dilaksanakan di Kupang pada 28 Oktober 2015 dengan pelaksanaan audisi di masing-masing kabupaten/kota se-NTT dan Finalis dari masing-masing Kabupaten/Kota akan diutus ke tingkat Provinsi. Final dan Grand Finalis Putri Pariwisata Indonesia Tingkat Nasional di Jakarta pada akhir Oktober 2015.

Willy Rame Rohimone menambahkan bahwa secara komprehensif hal-hal yang berkaitan dengan topik kegiatan atau event Pemilihan Putri Pariwisata Tingkat Provinsi NTT tahun Anggaran 2015, terutama masalah pelestarian dan pengembangan budaya daerah saat kini. Pelaksanaan kegiatan Putri Pariwisata Tingkat Provinsi NTT Tahun Anggaran 2015 dilaksanakan selama satu hari yang diikuti oleh 22 peserta dari 22 Kabupaten/Kota se-NTT.

Sedangkan metode pelaksanaan, tambah Willy Rame Rohimone adalah dengan cara tatap muka dan diskusi dan tanya jawab serta presentase, gelar budaya yang meliputi performance, penampilan catwalk dari masing-masing peserta, presentase peserta sebagai wakil Putri Pariwisata dari daerah masing-masing dan gelar budaya serta apresiasi budaya dari masing-masing peserta. Penyajian makalah dari para pemateri sealigus diskusiserta pembahasan mengenai rencana ke depan tentang bagaimana upaya pelestarian dan pengembangan yang terintegrasi dengan konsep-konsep pariwisata NTT, sehingga secara khusus dapat mengembalikan citra budaya eluhur NTT dan yang perlu mendapat perhatian khusus adalah upaya serius sosialsasi tentang pariwisata budaya oleh Putri Pariwisata NTT dalam rangka pengembangan Pariwisata NTT.

Peserta

Pendafataran peserta untuk mengikuti Audisi peserta Putri Pariwisata datang langsung mendaftar ke Dinas Pariwisata dan ekonomi Kreatif Provinsi NTT setiap hari kerja. Peserta kegiatan Putri Parisata NTT Tahun Anggaran 2015 adalah utusan putri pariwisata dari 22 Kabupaten/Kota se-Nusa Tenggara Timur (Masing-masing Kabupaten/Kota se-Nusa Tenggara Timur sebanyak 22 orang.

Persyaratan peserta, antara lain remaja Putri NTT, usia minimum 16 tahun dan maskimum 25 tahun, belum berstatus nikah (point 1 dan 2) dibuktikan dengan surat Keterangan dan instansi Pemerintah/Kelurahan Desa asal peserta, tinggi badan untuk wanita minimal 160 cm dan pria minimal 165 cm, mempunyai penampilan dan kepribadian menarik, memiliki wawasan luas mengenai pengetahuan umum terutama soal kepariwisataan, dapat berbahasa Inggris minimal pasif, memiliki kemampuan modeling dan menyiapkan busana pilihan rancangan motif daerah NTT saat audisi dan final (busana wajib pakaian tradisional masing-masing etnik).

Mengenai pemateri atau pemakala berjumlah lima orang yaitu, Kadis Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan membawakan materi Pengembangan Kebijakan Pariwisata NTT, Pengetahuan Umum dan Busana, Penampilan dan Performance dan Kepribadian/inner beauty. Untuk tim yuri pada kegiatan ini berjumlah lima orang yang akan memberikan materi soal pengetahuan umum dan busana, kepribadian/inner beauty, speaking/bahasa asing, penampilan dan performance/apresiasi budaya. Sedangkan pelatih tim putri wisata tingkat nasional dengan materi pengetahuan umum dan busana, penampilan serta public speaking dan moderator. (*tim)