Dinas Pemuda & Olah Raga NTT, Gelar Pelatihan Kepemimpinan Pemuda Perbatasan

Kabid Kepemudaan Dinas Pemuda dan Olah Raga NTT Linus Lusi

Kabid Kepemudaan Dinas Pemuda dan Olah Raga NTT Linus Lusi

Zonalinews-Kupang, Kepala Bidang Pengembangan Pemuda Dinas Pemuda dan Olah Raga Propinsi NTT, Linus Lusi S.Pd M.PD di ruang kerjanya Selasa 13 Oktober 2015 menjelaskan, pelaksanaan kegiatan pelatihan kepemimpinan Pemuda Perbatasan akan dilaksanakan Rabu 14 Oktober 2015 dengan acara pembukan akan berlangsung di Hotel Romita Jalan W. J. Lalamantik Kelurahan Oebufu Kota Kupang pukul 19.00 wita.

Menurut Lusi, kegiatan pelatihan pemgembangan pemuda perbatasan diperuntukan bagi 3 Kabupaten di NTT yaitu Kabupaten Rote Ndoa sebanyak 50 orang peserta, Kabupaten Alor 25 Peserta, sedangkan Kabupaten Sabu Raijua 25 orang peserta. “ Tujuan kegiatan pelatihan perbatasan ini, untuk pelatihan kepemimpinan, dan pegembangan diri , bagi para pemuda dan pemudi di 3 Kabupaten yang berbatasan dengan Negara Tetangga,”ujarnya.

Linus Lusi menjelaskan , kegiatan ini diikuti oleh beberapa oraganisasi kepemudaan diantaranya, PPMI, PPI, PSP3, PMKRI, GMNI, HMI, GMKI, Pemuda Gereja, Remaja Masjid dan Orang Muda Khatolik. “ Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas Pemuda dan Olah Raga NTT, dan perekrutan peserta pelatihan ini diserahkan kepada dinas teknis Pemuda dan Olah Raga di Kabupaten masing-masing sesuai dengan prosedur yang baik ,” katanya.

Sementara itu bersadarkan surat pemerintah Propinsi NTT , yang ditanda tangani oleh Sekda NTT Frasn Salem dengan nomor surat BU. 42/27/DISPORA/IX/2015 yang ditujukan kepada Bupati Alor, Sabu Raiju dan Rote Ndao menjelaskan bahwa pelatihan kepemimpinan pemuda perbatasan diikuti 100 peserta terdiri dari Kabupaten Rote Ndao 50 peserta Laki-laki 25, Perempuan 25 Peserta. Kabupaten Sabu Raiju 25 Orang Laki –laki 10 Orang, Perempuan 15 orang peserta sedangkan Kabupaten Alor 25 peserta Laki –Laki 10 orang, Perempuan 15 Pesarta.

Berdasarkan surat sekda , biaya trasnportasi peserta pulang pergi ditanggung Dinas Pemuda Olah Raga Propinsi NTT , dengan rincian kabupaten Rote Ndao mengunakan kapal Fery Cepat PP (Rp 400.000), Sabua Raijua mengunakan Fery Cepat Pulang Pergi (Rp700.000.) Sedangkan Kabupaten Alor mengunakan peasawat Udara Pulang Pergi (Rp.1.714.000.) ditambah biaya akaomasai lokas bagi peserta selama 3 hari (Rp.300.000.). (*tim)