HAMIL TUJUH BULAN MELAHIRKAN BAYI KEMBAR TIGA

Bayi kembar Rote Ndao

Bayi kembar Rote Ndao

Zonalinenews-BAA, Kristina Modok Mallo, warga dusun Oetele Desa Netenaen – Rote Barat Laut Kabupaten Rote Ndao – Nusa Tenggara Timur dianugerahi tiga orang bayi saat melahirkan dan ini merupakan anugerah Tuhan bagi dirinya dan keluarga.

Demikian ungkap hati yang penuh gembira Kristina Modok Mallo (34) di ruang Bersalin RSUD Baa Jumat 30 Oktober 2015 usai siuman melahirkan ketiga bayinya.

Dikatakan Kristina, sejak berjalan delapan tahun berumah tangga dengan suaminya Mesak Modok; sebelumnya telah dikarunia seorang anak laki laki beberapa tahun yang lalu kemudian untuk kedua kali dirinya hamil ternyata dianugerahi tiga orang bayi dan melahirkanpun berjalan dengan baik.

Kristina tidak menduga kalau dirinya harus melahirkan tiga orang bayi pada tanggal 30 Oktober 2015 karena waktu Ia melahirkan berbeda dengan hasil pemeriksaan medis yang selama ini dirinya selalu lakukan kontrol secara rutin.

Menurut Hasil medis pada RSUD Leona Kupang, diprediksikan jadwal melahirkan tangal 12 Desember 2015, sementara menurut hasil USG diperkirakana pertengahan September lalu kemungkinan akan ditindaklanjuti dengan melahirkan bayinya dengan cara operasi pada tanggal 9 Desember 2015 mendatang.

“Waktu Tuhan berbeda dengan hasil perkiraan manusia kata Kristina Modok Mallo sehingga Jumat 30 Oktober 2015 dengan bantuan medis dari RSUD Baa proses melahirkan berjalan dengan sempurna walaupun sempat mengalami HB menurun dan baru pulih setelah mendapat donor darah dari pihak RSUD,” jelasnya.

Menurutnya. Awal mula hari Kamis 29 Oktober 2015 Ia merasa terdapat keganjilan dalam dirinya dan terasa sakit pada seluruh bagian badannya. Mengingat karena dirinya sedang dalam keadaan hamil tujuh bulan maka atas inisiatifnya meminta keluarga untuk diantarkan ke RSUD Baa karena suaminya Mesak Modok sedang bekerja di Malaysia.

Setibanya di RSUD hasil pemeriksaan oleh medis bahwa dirinya mengalami kenaikan HB mencapai 170, sehingga disarankan harus ginap dan mendapat perawatan intensif oleh medis karena dalam kondisi hamil

Selanjutnya jelas Kristina. perasaannya dihantui takut bercampur gembira, ia menjadi pasrah apa lagi sebelumnya sesuai hasil medis kalau dirinya sedang mengandung dan diduga akan melahirkan bayi kembar dua namun tidak menyangka kalau yang terlahir dari buah kandungannya tiga orang bayi.

“ Awal dirinya merasa takut dengan melihat saat melahirkan bayi kembar tiga, namun sebuah ucapan syukur, ini adalah kasih dan Anugerah sang Pencipta yang menghendakinya” Ujar Kristina yang berdarah Sumba Barat ini dan diakuinya mengikat cinta dengan Mesak Modok saat keduanya mengaduh nasib di negeri jiran Malaysia.

selanjutnya dari kegembiraan dialaminya sang suami yang sementara mencari nafkah dinegeri jiran Malasya Kata Kristina sangat bersukacita melahirkan bayi kembar tiga pada RSUD Baa, didampingi mertua Petronela dan Paulus Modok dan saudara kakak beradik diruang kebidanan

Ketiga bayi satu rahim ini akhirnya satu yang dilahirkan terakhir meninggal dunia meninggalkan kedua saudaranya setelah beberapa jam keluar dari kandungan sang Ibu Kristina sambil diakuinya bahwa ini akibat sangat lama dalam rahim karena masih menunggu kedua saudaranya yang harus keluar dari mulut rahim ibu Kristina.jadi faktor bayi fakum dalam rahim dan stamina dorong dari ibu yang berkurang.

Kedua bayinya yang selamat ini rencana akan diberi nama sesuai dengan mimpi yang dirinya pernah alami sebagai petunjuk dari sang ayah dan Ibunda yang telah almarhum alias ayah dan ibu Kristina Mallo di Sumba

Bayi yang pertama laki laki Kedua perempuan dan yang ketiga berjenis kelamin laki laki namun akhirnya meninggal untuk itu yang hidup sepasang ini dinamai “Uma dan Umi” “Uma” untuk laki laki dan “Umi” bagi yang perempuan. Uma adalah sapaan bapak dan Umi adalah sapaan Ibu atau mama.

Kembar tiga buah kandungan Kristina Modok Mallo ini, menurut bidan RSUD Baa Nike A.Lian,S.Keb.Bd. yang ditemui di bangsal Kebidanan 31 Oktober 2015 siang tadi. Ia. mengatakan, ketiga bayi kembar lahir pada hari jumat 30 Oktober 2015 kemarin dengan urutan. untuk anak yang pertama lahir pada pukul 04 : 25 Wita dengan berat badan 2.100 (2,1 kg), kedua 04 :55 wita 2.000 (2 kg) dan ketiga pukul 5:05 Wita dengan berat badan 1.200 (1,2 kg).

Dokter yang menangani proses persalinan Ibu Kristina Modok Mallo adalah dr. Hanifa Kamal dan dibantu bidan Mariam Selly,bidan Anisa Rohma dan bidan Veby Mone

Sejumlah informasi yang dihimpun dari para medis pada RSUD Baa, kalau di RSUD Baa jarang terjadi atau adanya Ibu yang melahirkan kembar tiga.

Menurut mereka dalam tiga tahun terakhir, 2013 dan 2014 tidak ada yang melahirkan kembar tiga kecuali kembar dua sehingga kejadian melahirkan bayi kembar tiga baru terjadi di bulan Oktober yakni tanggal 30 oktober 2015 oleh ibu Kristina Modok Mallo, Tutur mereka. (*Riyan Tulle)