Hedrik Paut Peningkatan Layanan Kesehatan Ibu dan Anak Penting

dialog bersama antara warga, DPRD dan Pemerintah Kabupaten Kupang yang digelar Di aula Bupati Rabu 21 Oktober 2015 pukul 09.00 wita.

dialog bersama antara warga, DPRD dan Pemerintah Kabupaten Kupang yang digelar Di aula Bupati Rabu 21 Oktober 2015 pukul 09.00 wita.

Zonalinenews-Oelamasi, Peningkatan pelayananan kesehatan ibu dan sangat penting untuk diperhatikan karena untuk menjadi bangsa yang maju tentunya generasi bangsa ini pun harus sehat, oleh karena itu prioritas peningkatan pelayanan kesehatan harus ditingkatkan. Demikian sambutan Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kupang, Hendrik Paut pada kegiatan dialog bersama antara warga, DPRD dan Pemerintah Kabupaten Kupang yang digelar Di aula Bupati Rabu 21 Oktober 2015 pukul 09.00 wita.

Menurut Hendrik , melalui kerja sama antara Wahana Visi Indonesia (WVI) dan Pemerintah Kabupaten Kupang meningkatkan pelayanan kesehatan ibu dan anak menjadi lebih baik,

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kupang, Yosep Lede pada kesempatan tersebut sangat mendukung program kerja ini. Dirinya mengharapkan kerja sama ini dapat terus berlajut mengingat Program kerja WVI untuk Kabupaten Kupang masih 12 tahun.

Ketua Komisi C Kabupaten Kupang, Anton Natun pada kesempatan itu menambahkan sekitar 13-14 persen dana Pemda telah dianggarkan untuk pelayanan kesehatan masyarakat Kabupaten Kupang, tentunya dengan alokasi dana tersebut bisa mendukung program-program peningkatan pelayanan kesehatan ibu dan anak ini.

Pantuan zonalinenews Dialog bersama yang dihadiri warga dari 2 Kecamatan yaitu Taebenu dan Fatuleu terdiri dari 3 desa warga Fatuleu dan 7 desa warga taebenu, warga dari kedua kecamatan tersebut mengharapkan adanya penambahan gedung posyandu dan ambulans serta tenaga medis berupa bidan dan perawat hal ini bertujuan untuk kemudahan akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang ada di kecamatan mereka.

Project Manager WVI Andre Sihotang ketikan dikonfirmasi zonalinenews seusai kegiatan menegaskan bahwa proyek ini merupakan satu dari program besar BANK dunia untuk meningkatkan tingkat pelayanan kesehatan ibu dan anak.

“ Program ini telah dilaksanakan pada 17 negara dan Indonesia merupakan salah satu negara yang melaksanakan program tersebut, untuk NTT sendiri program ini dilaksanakan khususnya di tiga kabupaten yaitu Kupang, TTU dan Sikka, secara umum tujuan dari program ini ialah meningkatkan pelayanan kesehatan ibu dan anak, juga melibatkan masyarakat untuk terlibat aktif memberi masukan dan penilaian pelayanan kesehatan yang selama ini dilaksanakan, sehingga bisa menjadi input bagi WVI dan pemerintah daerah dalam hal ini dinas-dinas terkait seperti dinas kesehatan yang nantinya bisa diperpaiki,”ujarnya. (*Dani Soares)