Kabupaten Manggarai Barat Ikon Pariwisata Indonesia Namun Kotor

Labuan Bajo

Labuan Bajo

ZONALINENEWS – LABUAN BAJO, Labuan Bajo ibu kota dari Kabupaten Manggarai Barat yang mana saat ini menjadi incaran para investor dari luar negeri untuk membagun beragam tempat usaha karena Kabupaten Manggarai adalah salah satu Kabupaten yang menjadi ikon Indinesia dengan pariwisata Pulau Komodo. Namun, yang sangat disayangkan Kota Labuan Bajo sendiri terkesan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Manggarai Barat tutup mata dengan kebersihan kota sehingga Kota Labuan Bajo sendiri banyak sampah – sampah yang beserakan di pinggir jalan raya.

Alosius Bon salah satu warga Manggarai Barat mengatakan, Kota Labuan Bojo ada tempat transit para wisatawan dari dalam dan luar negeri untuk berkunjung ke Pulau Komodo. Namun, Kota Labuan Bajo sendiri sangat banyak sampah yang berserakan di tepi jalan sehingga wajah Kota Labuan Bajo sendiri sangat kotor.

“Kabupaten Manggarai Barat ini Pemdanya sangat tutup mata dengan kebersihan kota sehingga kurang lebih belasan tahun menjadi Kabupaten Manggarai menjadi Kabupaten sendiri tidak ada perubahan yang menojol di daerah ini,” ungkap Alosius kepada wartawan di Labuan Bajo, Jumat 30 Oktober 2015, pukul 16.30 wita.

Alosius mengatakan, hampir seluruh lahan kosong di Kabupaten Manggarai Barat sudah menjadi milik investor dari luar negeri untuk dijadikan tempat usaha sehingga harga lahan  di Kabupaten Manggarai sendiri sangat tinggi dibandingkan dengan daerah lain. “Lahan disini rata – rata milik investor dari luar negeri, dan dibeli dengan harga yang sangat tinggi. Itu artinya lirikan mata investor luar terhadap Kabupaten Manggarai ini sangat besar. Tapi sangat disayangkan Pemda setempat sendiri sangat lumpuh menageloh daerah ini,” kata sopir taksi itu.

Belasan tahun menjadi Kabupaten sendiri, jelasnya Kabupaten Mangarai masih sangat minim dengan perbaikan infakstruktur jalan dan penerangan lampu jalan. “Sebenarnya pemerintah harus malu dengan wisatawan yang berkunjung ke daerah sini karena kebersihan atau infakstruktur yang layak itu salah satu kenyamanan untuk wisatawan yang berkunjung di daerah ini,” ujarnya.

Ia berharap Pemda setempat harus bisa melihat semua kekurangan yang ada di daerah ini. Karena Labuan Bajo sendiri saat ini banyak kegiatan – kegiatan besar yang selalu di gelar di Labuan Bajo. “Disini sering dilakukan kegiatan – kegiatan bersar dari Pemerintah pusat mau pun dari perusahaan – perusahan besar yang ada di daerah luar. Mereka yang sering buat datang disini itu bisa sampai satu minggu di daerah ini. Karena ketika habis kegiatan mereka pasti harus berkunjung ke Pulau Komodo dan beberapa pulau lainnya yang di Kabupaten Manggarai Barat ini yang ada Komodonya,” jelasnya. (*hayer)