Kelurahan Se-Kota Kupang Dituntut Pahami Kondisi Sosial, Ekonomi dan Budaya Masyarakat

Walikota Kupang Jonas Salean

Walikota Kupang Jonas Salean

ZONALINENEWS – KUPANG, Untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat di Kota Kupang. Maka dari itu, Kelurahan harus menjadi unit kerja yang mampu menjalankan urusan pemerintah, pembagunan, dan urusan masyarakatan secara efektif dan efesien. Untuk itu kelurahan dituntut lebih memahami kondisi sosial ekonomi dan budaya masyarakat guna peningkatan dan percepatan pelayanan kemasyarakatan. Hal ini diungkapkan Asisten I Sekda Kota Kupang Yosep Rera Beka dalam membacakan  sambutan Walikota Kupang Jonas Salean pada kegiatan bimbingan teknis pengisian buku profil kelurahan se-Kota Kupang tahun 2015 di restauran teluk kupang, Senin 5 Oktober 2015 pukul 09.00 wita.

Menurut Yosep, oleh sebab itu diperlukan sebuah profil yang mencakup keadaan dan permasalahan dalam suatu kelurahan. “Profil kelurahan adalah merupakan dokumen yang wajib dimiliki oleh setiap kelurahan dengan mengupdate data setiap tahun sebagai dasar penyusunan. Dan dokumen perencanaan dan kelengkapan dokumen administrasi umum lainya di kelurahan sehingga perencanaan pembagunan kelurahan dapat dilakukan secara baik, menyeluruh dan menjangkau semua,” kata Yosep.

Dikatakan, profil kelurahan merupakan gambaran menyeluruh tentang karakter kelurahan yang meliputi data dasar kelurahan. potensi sumber daya alam, sumber daya manusia, kelembagaan, sarana dan prasarana serta perkembangan kemajuan dan permasalahan yang dihadapi kelurahan, dengan mengetahui gambaran potensi dan tingkat perkembangan kelurahan. “Mengingat  pentingnya profil kelurahan sebagai data dasar dalam proses perencanaan pembagunan dan masyarakatan maka setiap kelurahan diharuskan memiliki profil kelurahan,” ungkapnya. (*hayer)