Kurangi Pengangguran, Perempuan TTS Kembangkan Komoditas Holtikultrur

Wakl Bupati TTS  didampingi Ketua LSM Gerbang  Mas dan Perempuan Tani Tublopo memanen semangka

Wakl Bupati TTS didampingi Ketua LSM Gerbang Mas dan Perempuan Tani Tublopo memanen semangka

Zonalinenews-Soe, Dalam rangka menekan angka pengangguran di Kabupaten Timur Tengah Selatan, serta pemberdayaan ekonomi keluarga , para perempuan muda di Timor Tengah Selatan (TTS) melakukan panen raya sekaligus menggelar pameran hasil panen komoditas holtikultura di Desa Tublopo, Kecamatan Amanuban Barat.

Komoditas sayur dan buah-buahan yang dipanen tersebut merupakan hasil garapan kelompok perempuan muda dampingan Plan International Indonesia, khususnya proyek pemberdayaan ekonomi kaum muda perempuan (Youth Women Economic Empowerment – YWEE) dengan bekerjasama dengan lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Gerbang Mas.

Acara ini dilaksnakan Rabu 7 Oktober 2015 pukul 10.00 wita berlagsung di desa Tublopo.

Dihadiri Wakil Bupati TTS, Obet Nitboho bersama Country Director Plan International Indonesia, Mingming Remata Evora. Sejumlah pejabat di TTS, Anggota DPRD TTS, para pelaku usaha, serta Gerbang Mas selaku mitra Plan di TTS.

Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Gerbang Mas Kondrat  Mariaman, pada kesempatan tersebut menjelaskan pada tahun 2015 pihaknya bekerjasama dengan Plan internasioanal memberdayakan 3000 kaum muda di dua wilayah propinsi NTT, yaitu untuk kabupaten TTS memberdayakan 1500 kaum muda dan kabupaten TTU 1500 kaum muda

Dimana di TTS kelompok tani perempuan Tublopo mengelola 10 area lahan yang ditanami tanaman holtikultura diantaranya semangka merah dan semangka kuning, semangka tanpa biji serta tomat , lombok dan lainnya.

“Dari hasil sekali panen kelompok perempuan Tublopo dilokasi lahan selaus 10 are bila dirupaihkan mencapi 70 Juta rupiah ,”jelasnya.

Country Director Plan International Indonesia, Mingming Remata Evora pada kesempatan tersebut menjelaskan, sebagian hasil panen yang dipamerkan juga langsung dibeli oleh para pemasok sayur dan buah di sejumlah hotel dan supermarket di Kupang.

“Hari ini kita melihat langsung hasil kerja para perempuan muda, yang aktif terlibat dalam proyek YWEE. Panen sekaligus pameran hasil panen ini menunjukkan bahwa perempuan bisa produktif dan mandiri di bidang ekonomi. Kemampuan ini tentu memberi dampak positif bagi perekonomian keluarga mereka,” kata Mingming..

Dia menegaskan, sebagai organisasi pengembangan masyarakat yang berpusat pada anak, Plan memiliki perhatian dan berkepentingan untuk memberdayakan kaum muda. Di Indonesia, ada sejumlah proyek yang diimpementasikan Plan, untuk memberdayakan ekonomi kaum muda, terutama perempuan.

“Di TTS dan Timor Tengah Utara (TTU), Plan melihat bahwa penguatan kapasitas perekonomian perempuan yang paling pas adalah sektor pertanian holtikultura,” ujar Mingming.

Wakil Bupati TTS, Obet Nitboho memberikan aspresiasi kepada Plan internasioanl dan LSM gerbang Mas yang telah memberdayakan program pembardayaan masyarakat di TTS khususnya di desa Desa Tublopo, Kecamatan Amanuban Barat, program ini membantu masyakat dalam mengurangi angka pengangguran dengan cara memenfaatkan lahan kosong dipekaranagn sekitar rumah warga.

“Kenapa Kita harus bekerja keluar Negeri menjadi TKI kalau lahan kita disini banyak dan luas dan subur tapi tidak dimanfaatkan secara maksimal, program ini sangat bermanfaat dan menekan angka pengangguran ,”ujarnya.(*tim)