Pemkot Kupang Dapat Piagam Penghargaan Dari Tiga Kementrian

Walikota Kupang Jonas Salean

Walikota Kupang Jonas Salean

ZONALINENEWS – KUPANG, Kota Kupang adalah salah Kabupaten/Kota di Nusa Tenggara Timur (NTT) yang mendapat piagam penghargaan dari tiga Kementrian, yang terdiri dari Kementrian Kesehatan, Kementrian KPA dan Kementrian Sosial. Karena Kota Kupang salah satu kota yang tergolong sukses dalam melakukan pengelolaan managemen, pendanaan dan tata cara untuk penanggulangan HIV/AIDS. Piagam tersebut di terima langsung oleh Walikota Kupang Jonas Salean Selasa 27 Oktober 2015 di Makasar.

Walikota Kupang Jonas Salean, dari tiga Provinsi di antaranya NTB, Bali dan NTT Kota kupang adalah salah satu perwakilan dari NTT yang menerima piagam penghargaan tersebut. Menurutnya, dengan adanya piagam penghargaan tersebut dari Menteri Kesehata, Menteri KPA dan Menteri Sosial maka dari itu dirinya harus segera berangkat lagi untuk menerima langsung piagam penghargaan tersebut. “Di tahun 2015 ini kita Kota Kupang  mendapat lagi satu piagam penghargaan untuk itu saya harus berangkat lagi untuk pergi terima sendiri piagam itu di Makasar,” kata Walikota Kupang Jonas Salean kepada wartawan di balai Kota Kupang, Senin 26 Oktober 2015 kemarin pukul 11.30 wita.

Dikatakan, untuk penanggulangan pencegahan pengembangan HIV/AIDS di Kota Kupang Pemerintah Kota Kupang telah melakukan kegiatan pencegahan dari setiap – setiap kelurahan yang ada di Kota Kupang. “Jadi Pemerintah Kota Kupang untuk melakukan pencegahan pengembagan HIV/ADIS di Kota Kupang bukan saja kita melakukan di kantor KPA Kota Kupang saja tetapi kita juga meneruskan kegiatan pencegahan ini di setia kelurahan. Maka dari itu angaran dana yang dibutuhkan untuk kegiatan penganggulangan dan pencegahan HIV/AIDS di KPA Kota Kupang sangat bersar,” ungkapnya.

Dikatan,  anggaran dana untuk KPA yang begitu besar dan telah dibahas bersama dengan DPRD Kota Kupang sehingga seluruh kegiatan KPA Kota Kupang  berjalan dengan baik.

” Memang anggaran untuk kegiatan KPA Kota Kupang sangat besar tetapi seluruh kegiatan KPA bisa dikatakan sukses sehingga kita Kota Kupang bisa mendapat piagam penghargaan itu. Untuk mendapat piagam penghargaan ini sendiri bukan hal yang mudah karena ini semua dari hasil penilaian mereka terhadap kegiatan – kegiatan KPA Kota Kupang selama ini,” kata dia.

Dengan adanya organisasi KPA dan diteruskan kegiatan pencegahannya ke setiap kelurahan, ungkap Jonsa faktor untuk mencegah berkembangnya angka – angka ODA yang ada di Kota Kupang.

“Kalau kita tidak mulai pencegahan dari sekarang maka angka ODA di Kota Kupang sudah pasti akan meningkat dan itu artinya seperti seperti kita menjaga gunung es. Sehingga denga kita tidak bisa buat apa – apa dengan anggara dana yang begitu besar. Kita harus tersus kerja keras untuk menekan angka ODA di Kota Kupang, walaupun saat ini di Kota Kupang ada sekitar ratusan ODA berarti sekitar  0,4 persen. Tetapi pencegahan kita harus lakukan dari sekarang sehingga kita bisa menangulaginya juga dari sekarang,” pintanya. (*hayer)