PEMUDA dan MAHASISWA HARUS MENJADI JURU MUDI BAGI MASYARAKAT

Pelantikan anggota baru Amampai

Pelantikan anggota baru Amampai

Zonalinenews-Kupang, Pemuda maupun mahasiswa harus menjadi kader yang layak disemua situasi. Harus menjadi pelita ketika kegelapan datang, menjadi garam ketika situasi mati rasa/hilang kepekaan sosial, menjadi pemberi harapan di tengah keputusasaan melanda, menjadi pemimpin penunjuk arah, kompas, juru mudi yang menunjuk arah pelabuhan kebaikan bagi masyarakatnya.Demikian dikatakan ketua umum Angkatan Muda Mahasiswa Pelajar Asal Ile Ape (AMMAPAI) – Kupang AMMAPAI – Kupang, Vinsensius Ferari Prasong dalam pidatonya pada saat melantik 29 orang anggota baru periode 2015/2016 di hotel T-More Kupang, Jumad 09 Oktober 2015.

Egidius Atok, Ketua Presidium PMKRI Cabang Kupang, dalam sambutannya mewakili OKPmengungkapkan bahwa kaum muda harus berorganisasi karena sejarah mencatat banyak pemimpin negara ini lahir dari lingkungan organisasi. Egidius Atok mengajak orang muda untuk selalu peka terhadap setiap persoalan yang terjadi dilingkungan, mengawal dan mengkritisikebijakan pembangunan namun tetap menjunjung budaya dan etika.

Lukas Witak, Asisten Administrasi Ekonomi Pembangunan Setda Lembata dalam sambutan mewakili alumni, mengajak AMMAPAI untuk selalu membuka ruang dialog bersama Pemerintah Kabupaten Lembata sehingga bisa memberikan sumbangan pemikiran demi kemajuan pembangunan Lembata.

Bupati Lembata, Eliaser Yentji Sunur, STyang menghadiri acara pelantikan anggota baru AMMAPAI-Kupang periode 2015/2016, dalam sambutannyamengatakan bahwaAMMAPAI harus menjadi wadah melahirkanembriopemimpin – pemimpinLembata. Bupati juga mengajak pemuda untuk mampu membuat transformasi di lingkungan kampus dan masyarakat sehingga amanat sebagai agen of changebukan hanya slogan semata. Lebih lanjut bupati mengajak AMMAPAI untuk mendukung program – program pemerintah Lembatasepertikegiatan Nusantara Nasional (Harnus) yang puncak penyelenggaraan pada tanggal 13 Desember 2016 terjadi di Kabupaten Lembata. Yentji Sunur mengajak AMMAPAI untuk selalu bersinergi dengan pemerintah sehingga visi –misi yang telah digagas yakni “Mewujudkan LEMBATA Yang Mandiri dan Produktif Berbasis Potensi Dalam perspektif Tata Ruang” dapat tercapai.

Linus Lusi, dalam sambutannya ketika membuka maupun menutup kegiatan MPAB, menghimbau kepada AMMAPAIagar tetap menjaga independensi organisasi. “AMMAPAI tidak kemana-mana, tidak juga ke siapapun tetapi berada pada garis netral. Fungsi kontrol kita terhadap pemerintah Kabupaten tetap dilakukan, perkembangan-perkembangan tetap dikaji, sehingga AMMAPAI seperti gadis cantik yang tidak hanya dilirik namun juga memberikan kritikan yang positif akan pembangunan Lembata, himbau Linus Lusi.

Untuk diketahui, kegiatan Masa Penerimaan Anggota Baru (MPAB) Angkatan Muda Mahasiswa Pelajar Asal Ile Ape (AMMAPAI) – Kupang, dilaksanakan dari tanggal 6- 10 Oktober 2015 bertempat di Aula Yayasan Peduli Sesama (Sanlima) Penfui – Kupang. Namun acara pelantikan anggota baru dilaksanakan di hotel T-More Kupang. Kegiatan ini mengusung tema “Membentuk Kader yang peka dengan kondisi sosial dan loyal terhadap organisasi”.(*sisco)