RAPAT PERTANGGUNG JAWABAN DENGAN BADAN PENGAWAS PDAM ROTE NDAO BATAL DI GELAR

Plt Direktur PDAM Rote Ndao Ir Yahya B.F

Plt Direktur PDAM Rote Ndao Ir Yahya B.F

Zonalinenews-BAA, Rapat Badan Pengawas dan PDAM Rote Ndao yang rencananya digelar kembali hari ini 29 Oktober 2015 batal dilaksanakan seperti sebelumnya senin 26 Oktober 2015 lalu rapat internal yang digelar untuk membahas sejumlah masalah yang sedang melanda pihak PDAM Rote Ndao tersebut kemudian ditunda karena sejumlah dokumen pertanggung jawaban tidak bisa dibuktikan oleh bagian Administrasi umum dan Keuangan PDAM setempat.

Batalnya rapat lanjutan dengan agenda kedua pihak kembali membahas dan melakukan kajian terhadap Peraturan Bupati tentang tarif air minum serta masalah keuangan termasuk pertanggung jawaban Keuangan tersebut akibat Plt Direktur PDAM Rote Ndao tidak berada di tempat.

Plt Direktur PDAM Rote Ndao Ir Yahya B.F.Sodak yang dihubungi melalui telpon genggamnya siang tadi 29 Oktober 2015 pukul 13:00 wita. Ia. mengakui batalnya rapat tersebut karena dirinya sedang berada di Kupang.

Kepada Zonaline News, Ir Y.B.F. Sodak menjelaskan, Rapat PDAM bersama Badan Pengawas baru akan digelar kembali hari sabtu 01 Nopember 2015 setelah dirinya kembali dari kegiatan Dinas di Kupang.

Selanjutnya. menurut Sodak alasan terjadinya rapat lanjutan tersebut dibatalkan hari ini karena terkait dengan dirinya sedang mengikuti rapat dengan PK PAMS NTT di Hotel Ima Kupang sehubungan dengan Rapat program tahun anggaran 2016 yang akan datang.

“Rapat kita baru dilaksanakan setelah saya pulng dari kupang , rencananya hari sabtu nanti, karena sekarang saya ada rapat dengan PK PAMS Propinsi NTT untuk tahun 2016” Ujarnya.

Kepala Bagian Administrasi Umum dan Keuangan(AUK) PDAM Rote Ndao Adam Lani yang ditemui Zonaline News siang tadi (29/10) pukul 13,20 di kantor PDAM Rote Ndao mengatakan, kalau rapat untuk dirinya mempertanggung jawabkan masalah keuangan yang tengah menjadi masalah dan terangkat ke permukaan pada rapat dengan Badan Pengawas (26/10) lalu ditunda hingga kembalinya Plt Direktur PDAM karena sedang menghadiri rapat di Kupang.

Selanjutnya Adam Lani mengakui kalau belum digelar rapat hari ini karena Plt Direktur tidak berada ditempat namun Ia telah bertemu dengan ketua Badan Pengawas (Banwas) PDAM Rote Ndao Semuel Nassa,SE (Kabag Ekonomi Setda Kab Rote Ndao) diruang kerjanya pagi tadi dan dari Ketua Banwas PDAM kepadanya Kata Lani, telah diberikan 15 isyarat yang harus dipersiapkan untuk rapat yang akan datang berhubungan dengan tugas dan tanggung jawabnya sebagai Kabag Administrasi Umum dan Keuangan PDAM Rote Ndao.

Kelima belas iteam yang di isyaratkan oleh Ketua Banwas PDAM tersebut berhubungan dengan masalah pertanggung jawaban keuangan dan asset PDAM yang belum dipertangung jawabkan sejak diserahkannya asset tersebut dari pemerintah daerah kepada pihak PDAM untuk pengelolaannya. Katanya tanpa dilengkapi alasan dirinya menemui Ketua Banwas PDAM.

Menurut Adam Lani, asset tersebut adalah dalam bentuk barang namun pada saat diserahkan oleh pemerintah daerah kepada PDAM Rote Ndao sebagian besarnya telah dalam keadaan rusak dan asset tersebut sudah tidak lengkap lagi karena telah hilang. Jelas Lani.

Selain itu, Rapat lanjutan dengan pihak Banwas PDAM baru digelar kembali setelah mendapat surat pemberitahuan dari pihak Banwas PDAM. Katanya. “Ini sesuai dengan pemberitahuan dari ketua Banwas PDAM Semuel Nassa,SE kepada dirinya saat ditemui Adam Lani tadi pagi di ruang kerja Nassa,” tambah Lani.

Pantauan Zonaline News di Kantor PDAM, Kamis 29 Oktober 2015 pukul 13.00 wita karena tidak jadi digelarnya rapat sehingga saat itu sebagian besar staf sudah tidak berada di kantor kecuali Kabag AUK Adam Langi bersama staf bagian Keuangan, serta Vinsensius Kahan. Selain itu masih ada pula anggota Badan Pengawas Adelheid da Silva. (*Arkhimes Molle)