Romo Yohanis dan Anggota DPRD TTS Nyaris di Hakimi Masa PT SMR

Suasana Dilaog Antara Romo Yohanis dan masa PT SMR di Lokasi

Suasana Dilaog Antara Romo Yohanis dan masa PT SMR di Lokasi

Zonalinenews-Soe, Anggota DPRD Kabupaten Timur Tengah Selatan (TTS), Roy Babys dan Romo Yohanis Kristo Tara  nyaris di hakimi, Satuan Pengaman (Satpam) PT Soe Makmur Resources (SMR) dan karyawan. Kejadian itu berawal ketika Rabu 21 Oktober 2015. Romo Yohanis Kristo Tara mewakili pemilik lahan, bersama Ketua DPRD TTS. Jean Neonufa dan Ketua Komisi III DPRD TTS, David Boimau beserta beberapa pemilik lahan mendatangi Lokasi PT SMR yang terletak di desa Supul Kecamatan Kuatnanan.

Pada saat Romo Yahanis dan Rombongan tiba di lokasi disambut oleh kuasa hukum PT SMR Andreas Siregar, Karyawan dan Satpam PT SMR, terjadi dialog antara kedua belah pihak, pemilik lahan yang diwakili oleh Romo Yohanis dan dan PT SMR di wakili Kuasa Hukum, Andreas Siregar.

Kuasa Hukum PT SMR Andreas Siregar dengan tegas menyatakan PT akan beroperasi terus, terkait lahan PT akan bersedia ganti rugi jika Soleman Nesimnasi dan Chornelis Betty menang diproses hukum.

Romo Yohanis Kristo Tara mewakili masyarakat pemilik lahan hendak menanggapi pernyataan Kuasa Hukum PT SMR Andreas Siregar yang enggan menghentikan aktifitas tambang untuk sementara waktu, oleh karena lahan yang digarap bukan milik keluarga Stefanus Nesimnasi. Peryataan Romo Yohanis disambut teriakan dari sejumlah Karyawan, Satpam PT SMR dan masyarakat, teriakan tersebut diawali dengan teriakan tiga Satpam PT SMR yaitu,  Dominggus Tulalesi,Yakobus Amtiran dan Arita Tabun.

Pantuan zonalinenews Suasana memanas ketika Dominggus Tulalesi muncul secara tiba-tiba dari arah belakang Romo Yohansi langsung menujuk wajah Romo Yohansis dan mendorong badan Romo sambil berteriak minta indentitas Romo.

Sehingga terjadilah aksi dorong mendorong aksi tersebut berusaha dilerai  Kasat Binmas Akp Yance Seran dan Kabag Ops Kompol Yos Bereleka namum aksi tersebut tidak bisa dibendung masa dari PT SMR yang terdiri dari belasan orang membuat aparat kepolisian sulit mebendung namum secara tiba-tiba Anggota TNI Kodim 1621 TTS, Yohanis Amnifu datang dan langsung berteriak meminta masa untuk berhenti, teriakan Anggota TNI membuat semua karyawan dan Satpam diam secara tiba-tiba dan udur diri dari aksi.

Aksi kembali memans ketika , Anggota DPRD TTS Roy Babys  meminta berbicara   oleh Masa PT SMR Roy Babys dikatakai Anggota DPRD Bodok. Akhirnya masa bisa ditenagkan kembali Anggota TNI Yohanis Amnifu.

Ketua DPRD Jean Noenufa yang hadir juga pada kesempatan tersebut bingung hendak berbuat apa terhadap masa yang mengerumuninya, tanpa satu kata yang kelaur dari mulutnya, padahal sebelum tiba di lokasi , Ketua DPRD Jean Neonufa serta Ketua Komis III, David Boimau sempat menemui Romo dan masyarakat pemilik lahan dan berjanji untuk bertemu PT SMR dan memediasi persoalan ini , namun kenyataannya di lokasi Ketua DPRD Jean Neonufa dan Ketua Komisi III David Boimau tidak bisa berbuat apa-apa.(*Sam)