SELANCAR OMBAK DI PANTAI BO.A, MOLOR HINGGA NOPEMBER 2015

Kabid Promosi Dinas Pariwisata  Rote Ndao Okto Balukh

Kabid Promosi Dinas Pariwisata Rote Ndao Okto Balukh

Zonalinenews-Rote Ndao, Salah satu kegiatan bergensi dan bertaraf dunia diselenggarakan di Pulau terselatan Indonesia. Tempatnya di Pantai Bo,a Kecamatan Rote Barat Kabupaten Rote Ndao Nusa Tenggara Timur adalah selancar ombak. Kegiatan yang pernah dibuka oleh Menteri Pariwisata Seni dan Budaya RI, I Gede Ardika tahun 2004 lalu biasanya diselenggarakan tiap bulan September setiap tahun namun dalam tiga episode kegiatan selancar ini tidak lagi eksen seperti sebelumnya.

Tiga tahun terakhir kegiatan selancar Ombak di lokasi pariwisata Pantai Bo,a tidak berjalan dan untuk tahun 2015 mengalami penundaan dari bulan September hingga bulan Nopember 2015 yang akan datang akibat belum adanya kesiapan secara matang oleh pihak ketiga sebagai penyelenggara

Demikian penjelasan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Rote Ndao Melkias.R. RumLaklak,S.IP melalui Kabid Promosi Dinas Pariwisata Okto Baluk.di Kantor Dinas Pariwisata Kabupaten Rote Ndao 29 September 2015 lalu , terkait dengan soal seputar rencana kegiatan Selancar Ombak yang seharusnya diselenggarakan pada bulan September 2015.

Kepada Zonaline News, Okto Balukh mangatakan, mestinya kegiatan selancar ombak yang dilaksanakan mengikuti gelombang di pantai Bo.a mulai bulan April hingga Agustus tetapi dengan keadaan perubahan cuaca hingga September – Nopember baru di selenggarakan.

Penyelenggaraan Selancar mulai dalam tiga tahun terakhir ini diselenggarakan oleh pihak ketiga dan sesuai dengan hasil penelitian para ahli dari pihak ketiga berpendapat bahwa penyelenggaraan selancar bisa dilakukan pada Nopember dan waktu itu tidak mempengaruhi tinggi rendahnya gelombang untuk berselancar.

Menurut Okto Balukh, Kendala tertundanya kegiatan selancar di Pantai Bo.a yang direncanakan pada September 2015 yang lalu karena belum terpenuhinya berbagai sarana pendukung yang disiapkan oleh pihak ketiga sebagai penyelenggara.

“ Sarana yang tengah dalam proses pembenahan dan dibangun oleh pihek ketiga dalam hal ini PT Bo’a Development sebagai penanam modal didaerah Rote Ndao, sesuai MoU yang ditanda tanggani oleh pihak ketiga dan Pemda Rote Ndao selama lima tahun dan untuk mendukung kegiatan selancar oleh pihak ketiga diantaranya meliputi pembangunan ruang tunggu untuk atlit, penyediaan air bersih, panggung dan MCK dan sarana lainnya.” Kata Okto. Rencananya juga akan dibangun hotel berbintang V dilokasi Selancar Pantai Bo.a. Tambanya.

Menjawab pertanyaan Zonaline News. Kata Balukh, Sejak tahun 2012 hingga 2014 tidak terlaksana sedangkan dalam Mou ada anggaran yang tersedia untuk setiap tahun diadakan kegiatan selancar namun karena pihak ketiga mendahulukan MoU dengan Pemda tetapi pelaksanaan pembangunan sebagai fasilitas penunjang yang terlambat sehingga tertunda dilaksanakan kegiatan dari tahun 2012-2014

Pihak PT. Bo’a Development, Panji Admojo sebagai penyelenggara dalam kerja sama dengan Pemerintah daerah melalui Dinas Pariwisata kabupaten Rote Ndao sebagai penerima laoran dan konstribusi PAD sedangkan untuk kegiatan dan teknis pelaksanaan menjadi urusan tanggung jawab pihak ketiga

Selanjutnya, Untuk pantai Bo’a sendiri yang akan menjadi icon potensi parawisata laut dengan gelombag yang indah akan menjadi sebuah promosi potensi parawisata bagi wisatawan dalam negeri maupun internasional. Selain dari pantai bo’a rencana Dinas Parawisata dalam tahun depan akan mempromosikan potensi alam wisata laut pulau Ndana dan Nemberala,

Dikatakannya, selama ini potensi selancar hanya pantai Bo’a dan Nemberala sehingga pihak Dinas akan melihat pantai yang berpotensi wisata laut lainnya untuk diadakan kegiatan serupa, hal ini dalam rangkap menjual potensi wisata kita untuk menarik dan manangkap peluang bagi pihak ketiga untuk menanamkan modalnya di Rote Ndao.

Dalam rencana Dinas Pariwisata Rote Ndao, kegiatan selancar di Pantai Bo,a dalam pelaksanaannya telah diserahkan pengelolaan kepada pihak ketiga untuk mulai tahun 2016 yang akan datang Dinas Pariwisata Rote Ndao akan menyelenggarakan momentum sama di Pantai Selancar Nembralla – Delha.  (*Arkhimes)