Tanggungjawab Bersama, Pencitraan PT FLOBAMOR ke Depan

Direktur Operasional PT FLOBAMOR, Drs. Elias Rero

Direktur Operasional PT FLOBAMOR, Drs. Elias Rero

Zonalinenews-Kupang, Menurut Direktur Operasional PT FLOBAMOR, Drs. Elias Rero bahwa dengan berbagai tantangan baru yang lebih berat ditambah sejumlah target pencapaian yang harus diraih, ritme dan semangat kerja perlu terus ditingkatkan. Layaknya sebuah perahu besar, PT FLOBAMOR ini merupakan perahu besar yang harus dibentangkan layarnya bersama, sehingga dapat berlayar dengan baik ditengah segala goncangan badai, baik yang datang dari dalam maupun dari luar.

“Tugas utama kami adalah menjamin bahwa perusahaan menjalankan bisnis sesuai dengan kaidah hukum yang berlaku (Compliance dan Good Corporate Governance), membangun komunikasi kepada publik (public relations), yakni bagaimana mengkomunikasikan kebijakan perusahaan kepada publik dan mengikuti kegiatan protokoler harus berjalan efisien agar tidak bertentangan dengan lainnya, termasuk di dalamnya kegiatan corporate social responsibility (CSR) sesuai dengan visi-misi perusahaan, maka kami harus banyak berkomunikasi kepada seluruh steakholder, sehingga semua kegiatan harus berjalan lancar, baik dan sukses, “ jelas Elias Rero.

Pencitraan PT. FLOBAMOR menjadi tantangan ke depan, tambah Elias Rero, ada tiga komponen utama di dalamnya, yakni corporate identy atau indentitas perusahaan, corporate behavior, dan corporate performance. Untuk identity, misalnya dalam hal pakaian seragam, penggunaan logo dan simbol-simbol lainnya. Ini sangat penting karena bisa mempengaruhi persepsi orang. Menyangkut corporate behavior (perilaku), dalam hal ini terkait dengan etos kerja, misalnya bagaimana meningkatkan pelayanan prima yang lebih profesional sesuai peraturan-perundan yang berlaku kepada mitra kerja dan menjalani kegiatan-kegiatan bisnis serta corporate performance yang terkait dengan guna meningkatkan kinerja karyawan-karyawati sesuai dengan acuan yang tertuang dalam code of conduct (CoC) dan good corporate (GCG) yang tinggal direvitalisasi dan dilaksanakan saja. Saya kira mereka pasti bisa mengikuti, kalau saat ini mereka belum bisa mengikuti, ke depan pelan-pelan pasti bisa, tetapi kalau direksinya lambat, tujuan perusahaan sudah pasti susah tercapai. Intinya, sekarang ini banyak hal yang harus dikerjakan. Kita harus kerja keras, kerja cerdas dan kerja tuntas serta ikhlas, sehingga kita harus bergerak cepat, berpikir yang terbaik untuk peningkatan produksivitas perusahaan agar kita mampu berubah dengan menyesuaikan irama kerja dan harus lebih fokus untuk penanganan suatu pekerjaan yang dipercayakan oleh mitra kerja secara bersungguh-sungguh dalam pelayanan yang penuh KASIH dengan memiliki sikap yang rendah hati, penuh integritas, jujur, disiplin dan selalu bekerja berpedoman kepada visi-misi perusahaan serta peraturan-perundangan yang berlaku.

“PT. FLOBAMOR memiliki visi : Prima dalam pelayanan, cerdas dan Produktif. Misi : 1) Menyediakan Armada operasi yang layak ke semua lintasan dan mengoperasikan secara kontinyu guna memenuhi kebutuhan masyarakat pengguna jasa, 2) Menyediakan tenaga operasional guna melahirkan pelayanan prima kepada pengguna jasa, 3) Mengupayakan penertiban pendapatan, baik penumpang maupun barang. Nilai yang harus menjadi pedoman dalam pelaksanaan tugas dan fungsi masing-masing secara profesional dengan bersikap jujur, cinta terhadap terhadap tugas yang dipercayakan kepada masing karyawan. PT FLOBAMOR menjalankan bisnis Jasa Penyeberangan dengan Program utama adalah pembenahan kelembagaan yang diharapkan dapat meningkatkan pelayanan prima dalam pengelolaan kapal untuk melayani penumpang di Kawasan Timur Indonesia, khususnya mendekatkan pelayanan antar pulau bagi rakyat yang membutuhkan jasa penyeberangan, “ jelas Elias Rero.

PT Flobamor tetap membuka peluang kerjasama dengan berbagai mitra usaha baik dalam negeri maupun luar negeri khususnya dalam membangun jaringan bisnis antara Dili –Darwin-Kupang. Kerjasama ini diharapkan meningkatkan pertumbuhan ekonomi rakyat dan pengembangan bisnis baik dibidang pertanian , perikanan dan kelautan serta pertamabangan.

“secara Khusus kami akan melakukan bisnis plan untuk pengembangan pemasaran seman khususnya seman kupang, guna mendekatkan pelayan kepada konsumen antara pulan dan juga negara tetenagga Timor Leste dengan melalukan kerjasama bisnis antara PT Semen Kupang dan PT Arga Gemilang di bidang pemasaran dan distribusi melalalui kapal-kapal PT Flobamor.

Untuk menjaga citra, secara khusus Elias Rero menegaskan kembali soal komitmen mereka antara pak Hiro (Dirut PT FLOBAMOR) dan Pak Agus (Direktur Keuangan) beserta seluruh karyaewan-karyawati dan anak buah kapal sekitar 106 orang berjanji untuk menghormati dan menjaga kepercayaan Pemerintah Provinsi NTT dalam mengelola perusahaan ini dan mau tak mau PT FLOBAMOR harus menjaga kinerja perusahaan dengan menjalankan sistem yang sudah ada sebagai pedoman kerja, meningkatkan kehandalan dan lain sebagainya. Dalam suatu proses perubahan selalu ada friksi, tetapi menurut saya itu suatu hal yang biasa. Tetapi apapun yang terjadi, kita tetap harus bekerja, tidak mungkin perusahaan ini terhenti karena sesuatu hal. Kalau ini terhenti semua orang bisa susah. Ini ibarat perahu besar yang harus tetap jalan. “Kalau ada yang berbeda pikiran, itu wajar. Tetapi saya ingatkan kepada semua sahabat, mari kita menggunakan akal sehat kita untuk menjalani perubahan ini sesuai dengan peran, fungsi, tugas dan tanggungjawab kita masing-masing, “ jelas Elias Rero menjawab pertanyaan Zonalinenews mengakhiri wawancara khusus di ruang kerjanya Selasa 20 Oktober 2015. (*john pereira)