Warga Baubau Tagih Janji Ke Dinsos Kabupaten Kupang

Rumah Warga RT 14 yang dijanjikan mendapatkan Bantuan hingga hari ini tidak diberikan

Rumah Warga RT 14 yang dijanjikan mendapatkan Bantuan hingga hari ini tidak diberikan

Zonalinenews- Oelamasi, Warga RT 14 RW 05 Kelurahan Baubau, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang mengeluh soal bantuan Rumah yang dijanjikan oleh Dinas Sosial Kabupaten Kupang. janji tersebut disampaikan Dinas Sosial Kabupaten Kupang dari tahun 2011, tapi sampai dengan saat ini belum terelisasi. Sudah beberapa tahun, tidak ada informasi namun bulan maret tahun 2015, nama-nama warga yang mendapat bantuan sempat diumumkan di Kantor Desa untuk mendapat bantuan tersebut. namun, hal tersebut tidak direalisasikan oleh Dinsos Kabupaten Kupang.

Hal ini di sampaikan oleh salah satu warga RT 14 RW 05, Daniel Wadu Jumat, 30 oktober 2015 di kediamannya di Baubau.

Karena sampai dengan saat ini, Rumah Bantuan dari Dinas Sosial belum terealisasi maka dirinya berpikir bahwa ada unsur penipuan yang dilakukan Dinsos kepada warga baubau khususnya RT 14 RW 05. Untuk itu, Daniel Wadu bersama dengan beberapa warga yang mendapatkan bantuan tersebut bertemu dengan Wakil Bupati Kupang, Kornelis Masneno untuk menanyahkan bantuan perumahan tersebut.

“saya dengan beberapa teman yang mendapat bantuan perumahan dari Dinas Sosial Kabupaten pernah bertemu dengan Wakil bupati untuk menanyahkan langsung bantuan tersebut,”kata Wadu.

Dikatakan bahwa untuk Kecamatan Kupang Timur ada 22 Kepala Keluarga yang mendapatkan bantuan tersebut tapi rata-rata masyarakat yang dijanjikan belum mendapatkan bantuan tersebut. padahal usulan yang diusulkan melalui proposal tersebut belum dipenuhi.

“ Pemkab Kupang melalui dinsos hanya membuat janji-janji semu, porposal yang dimasukkan ke Dinsos dikemanakan,” ungkap Wadu.

Kepala Dinas Sosial, Ibrahim Humau ketika dikonfirmasi, kepada wartawan dikatakan bahwa untuk tahun ini kabupaten Kupang hanya mendapatkan 75 buah bantuan rumah dari kementerian Sosial. 75 buah rumah yang diberikan kementerian sosial tersebut dibagikan ke tiga kecamatan, yaitu kecamatan fatuleu, amfoang utara dan amfoang tengah. Dari ketiga kecamatan yang diberikan bantuan tersebut bulan desember tahun 2015 baru terelisasi.

“di Kabupaten Kupang hanya 3 kecamatan yang mendapatkan bantuan,” kata Humau.

Lebih lanjut dikatakan bahwa, dari Dinas sosial untuk melakukan pendataan dipercayakan kepada tenaga TKSK. Dari data yang diberikan tenaga TKSK tim teknis melakukan evaluasi selanjutnya diusulkan untuk mendapatkan bantuan. Selain Dinsos kabupaten Kupang melakukan survey akan dibantu oleh kementrian sosial. Sehingga masyarakat yang mendapatkan bantuan perumahan dari Dinsos tepat sasaran.

“ 75 buah rumah yang diberikan masyarakat kabupaten Kupang itupun dalam rangka memperingati Hari Kesetiakawanan Nasional,” kata Humau melanjutkan (*plt)