WORKSHOP DAN MONEV PROGRAM NUSANTARA SEHAT

peserta workshop

peserta workshop

Zonalinenews-Rote Ndao,Workshop monitoring dan Evaluasi (Monef) Nusantara sehat yang diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan RI bertujuan untuk selain dalam rangka monef pelaksanaan program Nusantara Sehat tetapi sekaligus melakukan sosialisasi program. Demikian ungkap Kristina, SKM,M.Epid, Peneliti Muda, BalitbangKes, Kementerian Kesehatan RI yang ditemui di aula Hotel Ricky Kamis 22Oktober 2015, pukul 13:22 wita

Kepada Zonaline News Kristina mengatakan workshop yang digelar selama tiga hari ini selain untuk melakukan monitoring dan evaluadi program Nusantara sehat tetapi sekaligus untuk sosialisasi program Kesehatan terkait dengan Nusantara Sehat .

Menurut Kristina, Sasaran Progran Nusantara Sehat dikhususkan untuk daerah terpencil dan masih dalam kategori wilayah terluar. Selain itu masih minim dengan berbagai keterbatasan pendukung pelayanan kesehatan

Daerah terpencil dan dalam tanda kutip diwilayah terluar lanjuta Kristina, adalah daerah yang masih kurang tenaga medis dan didaerah kepulauan yang masih jauh dari dukungan fasilitas prioritas pilihan baik saranan maupun tenaga medis.

Selanjutnya, sasaran program Nusantara Sehat Katanya, sesuai dengan program Presiden RI, Joko Widodo yakni Indonesia sehat. Program ini bertujuan untuk meningkatkan grafik kesehatan mengalami peningkatan karena biasanya puskesmas yang di daerah kepulauan itu memang minim tenaga, fasilitas dan sarana pendukung lainnya.

Workshop Monitoring dan Evaluasi di ikuti 35 orang peserta yang terbagi dalam berbagai komponen yakni puskesmas Ndao menghadirkan 11 orang sedangkan 24 orang lainnya didatangkan dari berbagai lintas seckor. Baik dari Dinas Kesehatan, Sosial, Kependudukan dan Capil, PU, PPO dan dari Kecamatan Ndao Nuse.

Diakui Kristina terbatasnya peserta Workshop dan Monef karena keterbatasan alokasi dana uang disiapkan untuk kegiatan ini dari pihak kementerian Kesehatan. Ungkapnya.

Soal aspek yang dilakukan dalam monef Nusantara Sehat oleh pihak Balitbangkes, Kata Kristina, Kegiatan yang telah dimonitoring itu seperti kinerja tenaga Nusantara Sehat yang sudah berjalan berapa bulan ini dengan program – program yang sudah mereka lakukan dengan mitra kerja dan masyarakat. Katanya.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Rote Ndao Yunus Mooy, SH yang ditemui secara terpisah pada saat acara makan siang di Hotel Ricky.

Ia mengatakan, kegiatan workshop ini dilaksanakan sebagai upaya untuk membenahi kekurangan yang ada pada puskesmas baik, pelayanan maupun administrasi sekaligus menjadi pokok evaluasi untuk pihak pemerintah pusat mengetahui lebih jauh kekurangan dan kebutuhan di daerah (*Arkhimes Molle)