AGUS LOMI DITUDING LECEHKAN DPRD KABUPATEN KUPANG

Sidang Paripurna Kabupaten Kupang

Sidang Paripurna Kabupaten Kupang

ZONALINENEWS-OELAMASI, Kepala Bagian Penyusunan Program (Kabag Sunpro) Sekretariat Daerah Kabupaten Kupang Agus D. Lomi dituding melecehkan lembaga DPRD Kabupaten Kupang.

Tudingan pimpinan dan anggota DPRD lantaran Agus Lomi sebagai salah satu anggota Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) belum juga menandatangani DPA Perubahan Anggaran Tahun 2015 di beberapa SKPD padahal anggaran itu telah ditetapkan menjadi Peraturan Daerah Kabupaten Kupang dalam paripurna DPRD beberapa waktu lalu. Dengan belum ditandatanganinya DPA beberapa SKPD mengakibatkan penyerapan anggaran perubahan tahun 2015 menjadi terhambat.

Tudingan itu muncul saat akan dimulainya rapat paripurna DPRD Kabupaten Kupang Jumat 27 November 2015, Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Kupang, Johanis Mase mengatakan bahwa dengan tidak ditandatanganinya DPA itu otomatis menghambat penyerapan anggaran di SKPD.

“Pak Agus Lomi sengaja menghambat dan DPRD merasa dilecehkan, bagaimana mungkin anggota TAPD lainnya sudah tandatangan tapi pak agus sendiri yang belum,”tuturnya.

Lain lagi menurut Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Kuoang Anton Natun yang menyatakan bahwa lembaga DPRD sudah berupaya maksimal menyelesaikan tahapan sidang perubahan hingga larut malam namun seorang Agus Lomi yanng tidak menandatanganinya.

Sementara Wakil Ketua II DPRD Jery Manafe menuding bahwa Agus Lomi ini sebagai Troble maker karena gaya seperti ini sudah sejak awal sudah sengaja diciptakan dan sengaja menahan DPA. Dirinya dengan tegas mengatakan bahwa apakah dikabupaten Kupang ini hanya Agus Lomi saja yang memiliki kemampuan sehingga terus menerus dipertahankan oleh pemerintah.

Baginya Agus Lomi tidak ada rasa memiliki Kabupaten Kupang, tidak ada rasa bahwa ini perubahan anggaran yang waktunya sangat singkat sehingga SKPD nantinya yang akan mengalami kesulitan.oleh karena itu dirinya merasa lembaga DPRD merasa dilecehkan.

Menanggapi hal ini Ketua TAPD sekaligus Sekda Kabupaten Kupang dihadapan semua unsur pimpinan dan anggota DPRD, Bupati Kupang Ayib Titu Eki, Wakil Bupati Kupang Korinus Masneno dan seluruh pimpinan SKPD berjanji akan menyelesaikan persoalan tersebut hari ini juga.(*Tim/Dani)