AKHIR MASA TUGAS Plt DIREKTUR PDAM ROTE NDAO DIHUJANI MASALAH.

Ir Yahya B.F.Sodak

Ir Yahya B.F.Sodak

Zonalinenews-BAA, Berakhirnya masa bhakti Plt Direktur PDAM Rote Ndao Ir. Yahya B.F.Sodak tertanggal 25 Oktober 2015 diperhadapkan dengan sejumlah persoalan Perusahan Daerah Air Minum Kabuapten Rote Ndao yang dipimpinnya.

Masalah PDAM Rote Ndao yang selama ini tidak pernah terdeteksi kontrol sosial publik. Kini mulai mencuat ke permukaan saat lahirnya masalah sleep iuran rekening ganda yang diduga berdampak pemerasan duit konsumen dan terbongkarnya iuran pensiun staf PDAM yang digunakan staf tanpa prosedur.

Akibatnya atas perintah Plt Direktur Ir Yahya B.F.Sodak digelarlah rapat mendadak dengan pihak Badan Pengawas(Banwas)PDAM Rote Ndao dengan tujuan untuk menepis dan menyelesaikan masalah yang sedang memanas.

Tujuan rapat bersama tersebut untuk menyelesaikan masalah dan mendapat solusi terhadap penanganan masalah di lingkup kerjanya tetapi justru harapan itu membuahkan hasil menambah persoalan di tubuh PDAM Rote Ndao.

Masalah yang tak terselesaikan oleh kedua pihak. Baik Banwas PDAM dan pihak Plt Direktur saat digelarnya rapat 26 Septenber 2015 yang lalu karena berkembang dinamika baru kalau pihak Banwas dan PDAM terlampau jauh terlibat kedalam upaya untuk melakukan kajian terhadap Peraturan Buapti Rote Ndao yang dinilai kedua pihak tidak mendidik yang adalah bukan kewenangannya

Selanjutnya, Kepala Bagian Administrasi Umum dan Keuangan PDAM sulit mempertanggung jawabkan sejumlah pos anggaran dihadapan Banwas PDAM saat rapat yang diminta untuk dipertanggung jawabkan kepada Banwas.

Masalah keuangan kemudian menjadi rumit. Hal ini lalu berpengaruh pada harus dengan singkat menyelesaikan masalah sudah tak mungkin, akibatnya tertunda dan tunda rapat lanjutan dari tanggal 26 Oktober 2015 ke 29 Oktober 2015 namun batal

Kemudian 29 Oktober 2015 yang tertunda lagi ke 31 Oktober 2015 tapi batal lagi untuk kedua kalinya. Selanjutnya Ruang rapat PDAM ini dipindahkan ke Ruang kerja salah satu anggota Banwas yakni Kadis PU Kabupaten Rote Ndao Dominggus Modok,ST,MT

Sesuai surat Undangan yang dikeluarkan Badan Pengawas rapat digelar kembali Senin 02 Nopember 2015 jam 09.00 wita dengan 9 agenda masalah yang dibahas seputar petanggung jawaban keuangan sementara agenda kedua pihak untuk melakukan kajian terhadap Perbup sudah tiada dalam agenda seperti agenda rapat 26 Oktober 2015 yang lalu.

Rapat 02 Nopember 2015 sesuai dengan undangan yang ditanda tangani Ketua Banwas PDAM Semuel H.Nassa, S.AB. gagal lagi untuk keempat kalinya. Plt Direktur PDAM Rote Ndao Ir. Yahya B.F.Sodak saat dikonfirmasi dikantornya 02 Nopember 2015 pukul 10:00 Wita tidak berada ditempat.

Selanjutnya, Zonaline News menghubunginya via Polsel genggamnya Nomor: 081338011099 pukul 10:07 wita. Dari balik telpon diperoleh informasi kalau dirinya sedang berada di Gedung Sasando DPRD Kabupaten Rote Ndao karena dipanggil oleh Komisi B DPRD Kabupaten Rote Ndao “Beta ada di DPRD, ada menghadap ke Komisi B,” ucapnya.

Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Rote Ndao Yosia A Lau,SE saat dikonfirmasi usai pertemuan dengan Plt Direktur PDAM Rote Ndao Ir Yahya B.F.Sodak. Yosia A. Lau membenarkan hal tersebut sambil menjelaskan kalau Plt Direktur PDAM dipangil terkait dengan Statusnya sebagai Plt Direktur yang telah berakhir apakah masih diperpanjang atau tidak. Untuk itu masa jabatan yang telah berakhir sebagai Plt direktur PDAM yang sudah sejak 25 Oktober 2015 perlu diketahui penggantinya. Dan siapa yang akan menggantikan itu kewenangan pemerintah. (*Arkhimes Molle/Rian Tulle)