Banwas PDAM Undang PDAM Rapat di Ruang Kerja Kadis PU Rote Ndao

Adam Lani

Adam Lani

Zonalinenews-BAA, Rapat untuk mendengar laporan pertanggung jawaban keuangan dan pembahasan sejumlah masalah yang sedang melanda PDAM Rote Ndao yang rencananya digelar oleh Plt Direktur PDAM Ir Yahya B.F.Sodak mengalami penundaan lebih dari satu kali hingga akhirnya dipibahkan ke ruang kerja Kadis PU Rote Ndao sebagai anggota Banwas.

Selain itu karena persoalan keuangan terkait iuran pensiun staf yang digunakan secara individu oleh Kasubag NB tidak dituntaskan oleh pihak PDAM dan stafnya sehingga tindakan selanjutnya diambil alih oleh Banwas. Hal ini menjadi alasan uang kerja Kadis PU Rote Ndao sebagai anggota Banwas menjadi tempat digelarnya Rapat bersama pihak Banwas dan PDAM.

Demikian ungkap Kabag Administrasi Umum dan Keuangan Adam Lani saat dikonfirmasi senin 02 Nopember 2015 pukul 10: 15 Wita diruang kerjanya, soal penyelesaian seputar pertanggung jawaban keuangan sebagaimana permintaan Banwas PDAM pasca tertundanya rapat bersama 26 Oktober 2015 lalu.

Kepada Zonaline News, Adam Lani menjelaskan, kalau atas dasar semua permasalahan telah diserahkan kepada pihak Badan Pengawas PDAM Rote Ndao maka penentuan ruangan dan tempat dimana pelaksanaan rapat bersama pihak PDAM tinggal mengikutinya.

Untuk itu, lanjut Adam sesuai dengan surat Badan Pengawas Nomor : 01 Badan Pengawas /11/2015, Hal undangan, yang ditujukan kepada Plt. Direktur PDAM Kab Rote Ndao, Kabag AUK dan Kabag Teknik kami tetap memenuhi undangan tersebut.

Hal isi surat undangan disampaikan kepada pihak PDAM untuk mempersiapan dokumen-dokumen guna dibahas dalam rapat bersama Badan Pengawas PDAM, yang akan dilaksanakan hari ini Senin 02 Nopember 2015, jam 09:00, bertempat diruang kerja Kadis P.U Kab Rote Ndao

Surat Undangan rapat bersama Badan pengawas PDAM Kab Rote Ndao, ditanda tangani oleh Ketua Banwas, Semuel H. Nassa, S.AB. Jelas Adam.

Menurut Adam dalam surat tersebut pihak Banwas meminta dokumen dan data-data yang perlu disiapkan sesuai dengan hasil rapat Badan Pengawas dan PDAM tertangal 26 oktober 2015 yang lalu.

Kelengkapan dokumen yang diminta dan untuk dibawah kepada Badan Pengawas sebanyak 9 iteam, sebutnya anatar lain:

1.Rencana kerja dan evaluasi kerja tahun anggaran 2014 dari Januari – Desember 2014 terhadap penyertaan modal ke PDAM Kabupaten Rote Ndao dirinci secara jelas

2.Masing-masing Kabag dan Kasubag menyusun rencana kerja dan evaluasi kerja dari Januari-Desember 2014

3.Laporan keuangan sejak Januari sampai dengan Desember 2014 secara lengkap dan disertai dengan bukti aslinya

4. Laporan tentang penagihan rekening air dan denda tunggakan dan oleh petugas yang ditugaskan oleh direktur

5. Penyalagunaan keuangan oleh NB sesuai dengan surat pernyataan yang dilampirkan surat penugasan dari Direktur, siapa saja yang memerintahkan untuk pencairan dana tersebut lampirkan, setelah cairkan apakah sudah setor dan dilaporkan kepada siapa, penjelasan.bagaimana sikap setelah dilapor, Penjelasan. pada saat diketahui penyalahgunaan keuangan apakah direktur dan kabag yang berwenang sudah mengambil sikap/belum? dijelaskan. dan NB dibawah pengawasan siapa.?

6.Daftar Invetaris barang milik PDAM yang ditempatkan pada Rumah Dinas PDAM disertai dengan daftar nama jelas, nama jenis barang lengkap dengan tanda terima dan harganya

7.Berita acara serah terima barang dan sarana air bersih, termasuk kelengkapan nomor 028/984/.RN.2010, 21 Agustus 2010 yang berita acara pemeriksaan fisik sarana dan prasarana air bersih nomor 228./600-RN. 4/IV Tanggal 19 april 2010 oleh tim pemeriksa sebanyak 6 orang sebagai berikut: Robert Fandu, Jacob F Nunuhitu, Yor E. NGGE ST, Ricard Manafe,ST, Yohanis, A.Md dan Yos A. Fanggidae. Telah melaksanakan pemeriksaan terhadap aset jaringan perpipaan air bersih yang tersebar di Kabupaten Rote Ndao menjadi perhatian Badan Pengawas untuk tindaklanjuti penjelasan PDAM

8.Rekening fiktif yang disampaikan staf PDAM Kabupaten Rote Ndao kepada badan pengawas, maka PDAM Rote Ndao menyampaikan data tentang daftar nama-nama petugas rekening air dan tunggakannya Januari-Desember 2014 dan berapa jumlah karcisnya sampai dengan tanggal yang ditagih petugas yang telah menagi uang dan disetor serta tindakan dalam penyalagunaan dalam rekening, ada atau tidak?

9.Laporan perkembangan PDAM Rote Ndao terdiri dari keuangan PDAM bersumber dari penagihan rekening air tungakan dan lain-lain sejak Januari 2015 sampai dengan September 2015 hal-hal lain belum terakomodir lengkap dalam dokumen ini jadi tanggung jawab PDAM akan wajib sesuai dengan permintaan. dan laporan personalia tentang tingkat kehadiran staf PDAM Rote Ndao.

Surat undangan Badan Pengawas tertanggal 29 Oktober 2015, tertanda Badan Pengawas Semuel H. Nasa,S.AB, Adelheid Da silva dan Dominggus Modok, ST,MT

Selnjutnya, ditambahkan Adam Lani, kalau sesuai dengan surat undangan, rapat akan dimulai pukul 09:00 Wita namun pihaknya telah memperoleh informsi via telpon dari Dominggus Modok,ST,MT anggota Banwas PDAM kalau rapat baru digelar pada sore hari pukul 17:00 wita diruang kerjanya sehubungan dia (Dominggus Modok) masih berada di Kupang dan kemungkinan siang baru tiba di Rote Ndao dengan Pesawat.

Pantauan Zonaline News di Kantor Dinas PU kab Rote Ndao senin 02 Noember 2015 hingga dengan pukul 17:05 wita belum ada tanda tanda akan digelarnya rapat sebagaimana surat undangan yang dikeluarkan oleh Banwas PDAM.

Kemudian Anggota Banwas PDAM Domingus Modok,ST,MT yang dihubungi pertelpon untuk mengetahui kepastian rapat dimaksud kepada Zonaline News kalau dirinya sedang rapat dengan Bupati Rote Ndao.” Ada dengan Pak Bupati,” ujar Modok. . (*Arkhimes Molle/Rian Tulle)