BAWASLU NTT HIMBAU KONTESTAN PEMILUKADA WAJIB TINGGALKAN RUMAH DINAS

Ketua Banwaslu NTT Nelce Ringgu

Ketua Banwaslu NTT Nelce Ringgu

Zonalinenews-NGADA-Ketua Bawaslu Provinsi Nusa Tenggara Timur, Nelce R.P Ringu, S.TP melalui telepon, 28 November 2015 menyampaikan pihaknya terus berkoordinasi dengan Panwas Daerah guna melakukan identifikasi berbagai dugaan pelanggaran pemilu oleh para kontestan dalam perhelatan Pilkada serentak di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Untuk Kabupaten Ngada, Kata Ketua Bawaslu NTT, pihaknya mendapat sejumlah informasi permulaan terkait dugaan pelanggaran Pemilu. Dugaan penggunaan fasilitas negara berupa penggunaan rumah dinas misalnya ataupun dugaan pelibatan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dalam berpolitik, telah menjadi catatan informasi awal pihak Bawaslu NTT untuk mengambil langkah-langkah penanganan dugaan pelanggaran pemilu sesuai dengan mekanisme yang berlaku.

Atas berbagai dugaan ini, tambah Ketua Bawaslu NTT, pihaknya sedang melakukan koordinasi dengan Panwas Kabupaten untuk mendalami fakta-fakta lapangan, selanjutnya Panwas Kabupaten melaporkan kembali kepada Bawaslu NTT terkait mekanisme penanganan yang sudah dikerjakan oleh Pengawas Pemilu di daerah.

“Ada catatan dan pengaduan masuk ke Bawaslu NTT diantaranya perilaku penggunaan rumah dinas meskipun kandidatnya sudah meninggalkan jabatan. Berikutnya informasi-informasi permulaan tentang dugaan keterlibatan oknum-oknum PNS dalam berpolitik. Karena itu Panwas Daerah wajib mendalami dugaan pelanggaran pemilu pada tingkatannya dan Bawaslu NTT akan terus berkoordinasi dengan Panwas Kabupaten untuk proses pengawasan ataupun penanganan dugaan pelanggaran pemilu di daerah. Dugaan penggunaan rumah dinas wakil rakyat digunakan oleh calon-calon tertentu misalnya, terhadap hal ini saya minta Panwas Kabupaten segera berkoordinasi dengan Pemkab dan Lembaga Dewan serta Sekwan setempat, karena sesuai ketentuan para kandidat dilarang menggunakan fasilitas negara ataupun rumah dinas milik Negara. Kita berharap para kandidat Pemilukada dapat menjadi contoh yang baik bagi masyarakat”, tegas Ketua Bawaslu NTT, Nelce R.P Ringu, S.TP kepada wartawan.

Ketua Bawaslu NTT, Nelce R.P Ringu, S.TP menghimbau Panwas Daerah selalu bekerja profesional sebagaimana amanat regulasi ataupun standart pengawas dalam acuan penyelenggaraan Pemilu yang ada. Sedangkan kepada para kontestan Pemilukada, Bawaslu NTT menghimbau para calon Kepala Daerah dan Calon Wakil Kepala Daerah dapat berdiri sebagai tauladan atau contoh bagi masyarakat dengan menjalankan amanat regulasi, kaidah-kaidah aturan guna menciptakan Pemilu bermartabat, berkualitas dan berwibawa. (*tim)