Di Rote Ndao Proyek DAK 2015, Kontraktor Gunakan Bak Eks Pamsimas 2010

MEL PAH

MEL PAH

Zonalinenews-BAA, Aneh tapi nyata dalam pelaksanaan proyek pembangunan sarana dan prasarana Air Bersih Perdesaan yang pembiayaannya bersumber dari Alokasi Dana Khusus (DAK) sebesar Rp. 897.000.000.- di desa Oehandi Kec Rote Barat Daya Kab Rote Ndao Nusa Tenggara Timur untuk iteam pekerjaan bak penampung menggunakan bak hasil pekerjaan program Pamsimas tahun 2010.

Informasi yang berhasil dihimpun Zonaline News dari sejumlah warga setempat, mengakui adanya sarana prasarana bak penampung yang dikerjakan melalui program Pamsimas tahun 2010 yang digunakan oleh kontraktor CV Rolen tanpa adanya pembangunan baru.

Selain itu lokasi pelaksanaan dan sumber anggaran diprogramkan bagi masyarakat desa Oehandi tetapi peruntukannya dimanfaatkan oleh warga desa Meoain.

Bak Pamsimas 2010

Bak Pamsimas 2010

Menurut warga setempat Pembangunan Sarana dan Prasarana Air Bersih Perdesaan, bersumber dari mata air Mbalo, berlokasi di Desa Oehandi Kecamatan Rote Barat Daya di duga Tidak Sesuai perencanaan dan kontrak yang ditetapkan.

“saya merasa binggung dengan semua penjelasan pekerjaan yang ada terpampang pada papan informasi proyek, Sumber mata airnya dari Sumber Mbalo yang ada di wilayah desa Oehandi tapi tempat penampung di bangun pada desa Meoain” ujar salah seorang warga setempat.

Seperti dalam pantauan Zonaline News belum lama ini dilokasi tidak ada pembangunan bak penampung yang baru tetapi nampak sambungan jaringan perpipaan dari sumber mata air terpasang pada bak penampung eks program Pamsimas tahun 2010.

Sementara pemasangan pipa HDPE yang digunakan dalam proyek tersebut pada beberapa titik tidak ada galian untuk menanam pipa. Pipa hanya dibiarkan diatas permukaan tanah dan ditindis dengan bongkahan batu

Papy adu. Kepala Desa Oehandi Kecamatan Rote Barat Daya saat dikonfirmasi di kediamannya. Ia, mengatakan sebagai aparat Desa Oehandi juga bingung dengan pekerjaan yang dikerjakan oleh kontraktor CV.Rolen dan syarat dengan tanda tanya sebenarnya kegiatan tersebut haknya desa Meoain atau kegiatan desa Oehandi ? Katanya bernada Tanya.

Selain itu, Adu. turut akui bahwa hingga saat ini kontraktor sebagai pelaksana tidak pernah menginformasikan kalau kegiatan pekerjaan Program Pembangunan Sarana dan Prasara Air Bersih Perdesaan berlokasi di mata air Mbalo, Desa Oehandi Kecamatan Rote Barat Daya yang bersumber dari Dana AlokasiKhusus (DAK). Ungkapnya.

Kontraktor Pelaksana CV. Rolen, Anis Mesah ketika dikonfirmasi via telpon gengamnya di nomor 081138193xx, pukul 11: 15 wita, terdengar nada masuk namun tidak diterima dan setelah itu dinonaktifkan.

Anggota DPRD Kabupaten Rote Ndao, Mel Y. Pah. saat ditemui di Gedung sasando DPRD Kabupaten Rote Ndao belum lama ini kepada Zonaline News Ia. mengakui kalau dirinya belum mengetahui permasalahan tersebut sesuai dengan RAB atau tidak.

“Saya baru mengetahuinya dan baru mendengar hal ini. bak itu dilihat kembali dalam acuan yang ada dalam RAB. untuk hal ini beta baru mengetahuinya, akan menindaklanjuti ke lapangan” Katanya.

Soal pemasangan pipa HDPE yang dinilai tidak sesuai perencanaan. Anggota DPRD yang berdomisili tidak jauh dari lokasi proyek ini mengatakan, pihaknya akan menegur kontraktor untuk memperbaikinya.

“Masa pipa HDPE tidak ditanamkan dalam tanah tapi dibiarkan diatas permukaan tanah kemudian di tindis bongkahan batu itu kerja tidak beres namanya. Pipa HDPE itu rawan dengan panas dan api. kenapa tidak ditanamkan dalam tanah ? “ Ujarnya (Riyan Tulle)