Empat Kandidat Akan Bertarung Merebut Kursi Ketua DPD NasDem

Drs Leonard Haning “Tinggalkan Demokrat”

Drs Leonard Haning,MM

Drs Leonard Haning,MM

Zonalinenews-BAA, Untuk mengisi kekosongan jabatan politik dalam tubuh Partai Nasdem ditingkat Dewan Pimpinan Daerah(DPD) Kabupaten Rote Ndao, selama dua hari pengurus harian DPD Nasdem Kabupaten Rote Ndao menggelar Rapat bersama dengan DPW dan DPP serta pengurus DPC di 10 Kecamatan se Kabupaten Rote Ndao.

Tujuan digelarnya rapat tersebut untuk membahas empat hal penting dalam tubuh DPD Partai Nasdem kabupaten Rote Ndao setelah meninggalnya Almarhum Ketua DPD Nasdem Kabupaten Rote Ndao Insan H.Saudale.

Hal ini disampaikan Plt Ketua DPD Nasdem Kab Rote Ndao Joni S.I.Mooy dikediamannya senin 10 Nopember 2015 kemarin saat ditemui Zonaline News usai rapat bersama DPW dan DPP di Hotel Videsi Jln Nusaklain – Lekunik Mokdale Baa – Rote Ndao.

Joni S.I.Mooy. mengatakan, Rapat pengurus harian DPD Nasdem dilaksanakan sebagai tindak lanjut Surat DPW Patai NasDem Propinsi NTT Nomor:   012/SI.1/DPW-NasDem-NTT/Vll/2015. Tanggal: 19 Juli 2015 dengan perihal: Edaran Kemudian hasil Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) Partai NasDem Propinsi NTT tanggal 12 September 2015 yang memiliki beberapa tujuan diantaranya adalah “Mendapatkan gambaran kekuatan struktur Partai NasDem”. dan sehubungan dengan meninggalnya ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Rote Ndao Insan H.Saudale.

“Selanjutnya menidaklanjuti hasil Rakerwil Partai Nasdem NTT. kami melakukan rapat pengurus harian sebagaimana surat DPD Nasdem Nomor : 07/SI.2/DPD-NasDem-RN/XI/2015 Perihal: Laporan dan Usulan kepada DPW Partai Nasdem NTT yang salah satu butirnya adalah agenda rapat dengan DPW dan DPP hari ini, kemudian Draft Kepengurusan DPD Partai NasDem Kabupaten Rote Ndao serta draf 10 kepengurusan DPC se-Kabupaten Rote Ndao untuk diusulkan ke DPW Partai NasDem Provinsi NTT,” jelasnya.

Menurutnya, dalam pelaksanaan rapat pengurus yang dmulai 09 Nopember 2015 di Hotel Tiberias, menghasilkan empat keputusan rapat yakni pertama: Penggantian Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Rote Ndao; Kedua: Penggantian Ketua DPRD Kabupaten Rote Ndao Ketiga: Penggantian Antar Waktu (PAW) Anggota DPRD Kabupaten Rote Ndao atas nama Insan H. Saudale (alm) dan Keempat adalah pergantian Ketua Fraksi Partai Nasdem di lembaga legislative.

Selain itu. Hasil yang diputuskan dalam rapat pleno pengurus di Hotel Tiberias   – Kecamatan Rote Tengah – Kabupaten Rote Ndao Senin, 09 Nopember 2015 Pukul : 15.00 Wita ini Kata Ony Mooy. Menunjuk dan menetapkan Djoni S. I. Mooy sebagai plt. Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Rote Ndao untuk diusulkan ke DPW Partai NasDem Provinsi NTT.

Kemudian menunjuk dan menetapkan : Alfred A. Saudila, Amd. sebagai calon Ketua DPRD Kabupaten Rote Ndao untuk diusulkan ke DPW Partai NasDem Provinsi NTT, Devritson Zacharias, A.Md. sebagai calon Ketua Fraksi NasDem DPRD Kabupaten Rote Ndao untuk diusulkan ke DPW Partai NasDem Provinsi NTT dan mengembalikan proses Penggantian Antar Waktu (PAW) kepada DPD Partai NasDem Kabupaten Rote Ndao untuk diproses sesuai ketentuan dan mekanisme yang berlaku.

Hasil Rapat Pleno yang telah ditetapkan (09/11) versi Hotel Tiberias mengalami perubahan pada pertemuan kedua di Hotel Videsi Mokdale adalah forum mrngusulkan agar tidak boleh ada calon tunggal dalam perebutan kursi ketua DPD Nasdem Rote Ndao.

Terhadap dinamika yang mulai berkembang ini lalu munculnya empat orang calon Ketua yang bersaing yakni Plt Ketua DPD Nasdem Joni S.I.Mooy, Wakil Ketua Didik P. B. Messakh, ST. dan Sepriana Adu dari kader Nasdem unsur gender ditambah Drs Leonard Haning Bupati Rote Ndao saat ini.

Menjawab masalah hengkangnya Ketua Partai Demokrat Rote Ndao Drs Leonard Haning ke Partai Nasdem dan sebagai salah satu kandidat Ketua DPD. Ia mengatakan, kebetulan dalam rapat hari kedua di Hotel Videsi Drs Leonard Haning ikut hadir.

Ditengah alotnya seputar calon ketua yang sebelumnya diusulkan Plt Ketua DPD Nasdem sebagai calon tunggal berkembang menjadi lebih dari satu calon, Ia (Lens Haning) mengajukan interubsi kemudian langsung menguasai pengeras suara sambil meyampaikan kepada forum dan memohon forum untuk memasukannya sebagai salah satu kandidat calon ketua.lalu hal tersebut diterima forum. Sehingga kandidat berubah menjadi empat orang. Jelas Mooy.

“Kebetulan Pak Lens hadir juga dalam rapat, Tiba-tiba dia mengajukan interubsi dan mengambil pengeras suara sekligus menyatakan diri bahwa sekarang dia juga kader partai Nasdem karena sudah terlepas dari Ketua DPC Partai Demokrat kemudian memohon kepada forum untuk dia melamar masuk kemudian dia usulkan juga sebagai salah satu calon ketua” Ujar Oni Mooy

Selanjutnya dijelaskan pula, untuk menjadi calon Ketua DPD Nasdem Kabupaten Rote Ndao tentu akan diproses sesuai dengan mekanisme partai sehingga tidak dengan serta merta kita semua bisa bertarung tanpa mendahului aturan Partai.

Plt DPC Partai Demokrat Kabupaten Rote Ndao melalui Plt Sekretarisnya Welem Paulus yang dihubungi via telpon genggamnya 10 Nopember 2015 pukul 20:45 malam. Membenarkan kalau Drs leonard Haning,MM sekarang Bupati Rote Ndao sudah tidak lagi sebagai Ketua DPC Partai Demokrat.

Menurut Welem Paulus terhitung mulai 21 Juli 2015 yang lalu Drs Leonard Haning,MM. sudah tidak lagi sebagai Ketua Partai Demokrat kata Welem Paulus.

Untuk itu lanjut Welem kalau saat ini dirinya sedang berada di Kupang namun setelah pulang dari tugasnya di Kupang akan digelar rapat untuk menyerahkan SK DPP Demokrat terkait soal tersebut. Kata Welem.   (Arkhimes Molle)