Listrik “Sering Padam” Ratusan Warga Kota Kupang Datangi PLN

Masa yang melakukan aksi demo di depan Kantor PLN Area Kupang

Masa yang melakukan aksi demo di depan Kantor PLN Area Kupang

ZONALINENEWS – KUPANG , Ratusan warga Kota Kupang yang tergabung dalam  aliansi masyarakat sipil menggugat PLN menggelar aksi damai di gedung PLN Area Kupang Jalan Palapa Kota Kupang, selasa 17 November 2015 pukul 09.00 Wita.

Kedatangan  warga Kupang tersebut karena terjadinya pemedaman listrik secara bergiliran bergilir oleh PLN yang tergolong meresahkan warga.

“Kita hanya ingin aksi damai dan ingin bertemu dengan pimpinan PLN di sini, kami minta agar pimpinan PLN bisa bertemu dan berdialog langsung dengan kami,” kata koordinator lapangan Aliansi Masyarakat Sipil Menggugat PLN Abduh R. Bajaher saat aksi di halaman kantor PLN Cabang Kupang. Aksi damai tersebut lanjutnya, terdiri dari sejumlah Lembaga Sosial Masyarakat (LSM) yang ada di Kota Kupang.

Dari pantauan ZONALINENEWS aksi damai rata-rata didominasi olah ibu-ibu rumah tangga yang nota bene adalah merasakan akibat dari pemadaman bergilir tersebut.Dalam orasinya ia mengatakan, akibat dari pemadaman bergilir yang meresahkan tersebut, barang-barang elektronik milik beberapa keluarga rusak.Hal ini diakui oleh Dorcas Mbau Bunda seorang wanita yang sudah berumur 74 tahun yang ikut dalam aksi tersebut.

“Barang-barang elektronik saya sampai rusak gara-gara pemadaman, bergilir tersebut. Salah satunya adalah kulkas,” disamping kulkas yang rusak, hampir tiga kali dalam sebulan dirinya harus mengganti bolah lampu karena rusak,” ujarnya.

Aksi damai tersebut kemudian berakhir pada pukul 10.15 WITA  dan pihaknya berjanji akan kembali menduduki kantor PLN Cabang Kupang tersebut pada, hari rabu 18 November 2015 besok dengan jumlah yang lebih banyak untuk meminta penjelasan dari pihak PLN.

Wakapolres Kupang Kota Kompol Dede Rochmana mengatakan untuk mengamankan para warga Kota Kupang yang mengelar aksi di PLN ,kami menurunkan 89 personelnya untuk berjaga-jaga saja. Ia juga bersyukur karena aksi damai tersebut tidak berujung pada aksi anarkis karena sempat terjadi aksi dorong-dorong karena massa tidak sabar menunggu kedatangan pihak PLN.

Sementara itu Meneger PLN Area Kupang Maria Goreti Indrawati Gunawan mengatakan terkait dengan pemadaman listrik secara bergiliran di Kota kupang disebabkan karena gardu listrik di wilayah kemacatan Maulafa rusak sehingga PLN melakukan perbaikan –perbaikain listrik.

“Memang dalam melakukan perbaikan pihaknya membutuhkan waktu sehingga beberapa hari ini terhitung dari hari jumat 13 November 2015 lalu PLN melakukan perbaikan listrik sehingga berujung pada pemadaman listrik, Namun dirinya berjanji paling lambat malam ini Selasa 17 November 2015 masalah kerusakan itu sudah teratasi dan liktrik akan normal kembali ,” tegas Maria (*sary)