MENERIMA GAJI GANDA ITU, TEMUAN PERLU DITINDAK

Ketua Komisi B, DPRD kabupaten Rote Ndao.  Yosia A. Lau,SE

Ketua Komisi B, DPRD kabupaten Rote Ndao. Yosia A. Lau,SE

Zonalinenews-BAA, Ketua Komisi B DPRD Kab Rote Ndao Nusa Tenggara Timur menilai kalau pebajat yang menempati dua posisi jabatan yang digaji dengan sumber dana APBD Kabupaten Rote Ndao itu adalah temuan dan perlu ditindak.

Hal ini dilontarkan Ketua Komisi B, DPRD kabupaten Rote Ndao. Yosia A. Lau,SE via telpon kepada Zonaline News Rabu 11 Nopember 2015 pukul 16:01 wita.

Menurut Sekretaris DPD II Partai Golkar Rote Ndao ini bagi pihak yang menempati posisi jabatan ganda dengan sumber gaji dari APBD merupakan tindakan yang menyalahi prosedur dan hal itu masuk dalam temuan karenanya tegas Lau, perlu ditindak sesuai dengan mekanisme yang berlaku.

Anggota DPRD yang sudah tiga periode ini mengakui kalau sampai dengan sekarang dirinya tidak mengetahui Ir Yahya B.F.Sodak dalam sehariannya menjabat dua posisi yakni sebagai Staf ahli Fraksi Partai Nasdem DPRD Kabupaten Rote Ndao dan Plt Direktur PDAM Rote Ndao.

“ Kalau dia (Ir Yahya Sodak) menerima gaji dari dua jabatan yang dibiayai oleh APBD itu menyalahi aturan” Ujar Lau.

Informasi yang dihimpun dari sumber terpercaya di lingkup DPRD Kabupaten Rote Ndao membenarkan kalau Ir Yahya B.F.Sodak adalah Staf Ahli Fraksi Partai Nasdem DPRD Kab Rote Ndao sejak tahun 2014 hingga saat ini.

Sebagai tenaga Staf Ahli Fraksi Partai Nasdem berhak menerima gaji sesuai dengan ketentuan perbulan sebesar Rp. 2.500.000,- Kata Sumber.

Seperti dilansir Zonaline News selasa 10 Nopember 2015 sesuai dengan rencana DPD Partai Nasdem akan melakukan rapat pengurus untuk mengajukan pengganti staf Ahli Fraksi Partai Nasdem.

Staf Ahli Fraksi Partai Nasdem DPRD Kabupaten Rote Ndao menurut rencana akan segera diganti. Untuk pengganti, diseleksi dari dalam kader partai Nasdem sehingga tidak kerkesan staf Ahli Fraksi Partai Nasdem namun bukan kader Partai. Demikian tandas Plt Ketua DPD Partai Nasdem Joni S.I.Mooy. kemarin (10/11) pukul 17:20 Wita.di kediamannya.

Kepada Zonaline News, Joni S.I.Mooy mengatakan, diawal masa tugasnya sebagai Plt Ketua DPD Nasdem Kabupaten Rote Ndao, agenda yang disiapkan untuk mengawali kepemimpinannya adalah melakukan proses pergantian staf tenaga Ahli Fraksi Partai Nasdem.

Menurut Mooy, Staf Ahli Fraksi dilakukan pergantian atas dasar desakan kader Partai. Dan hal terkait pergantian staf Ahli Fraksi juga telah diperdebatkan dalam rapat bersama DPW maupun DPP Partai Nasdem kemarin.

Joni S.I.Mooy yang sejak awal sebagai kader peletak pilar Partai Nasdem di Kabupaten Rote Ndao, menjelaskan kalau usulan dan penetapan staf Ahli Fraksi Partai Nasdem di DPRD kabupaten Rote Ndao pada waktu lalu dilakukan sepihak oleh Ketua DPD Nasdem, Insan H. Saudale. Almarhum,

Dirinya sebagai Sekretaris DPD. Tutur Oni Mooy. Ia tidak mengetahui asal usul penentuan staf ahli, termasuk surat keputusan terkait dengan usulan staf Ahli ke DPRD melalui Sekretariat DPRD untuk mengeluarkan Keputusan staf ahli dari Fraksi Nasdem dirinya tidak dilibatkan untuk menandatanginya.

Untuk itu dalam menjawab tuntutan kader Partai pihaknya mulai besok (Hari ini Selasa 11/11) menggelar rapat pengurus harian untuk menetapkan kader partai yang dinilai memenuhi syarat dan layak untuk diajukan sebagai pengganti staf Ahli Fraksi Partai Nasdem di DPRD Kabupaten Rote Ndao. Jelasnya.

Menyinggung seputar kader Partai yang akan didorong menempati posisi staf ahli Fraksi, Oni Mooy mengakui satu dari tiga figure kader partai oleh forum pengurus harian akan menetapkan satu orang besok tetapi pasti bahwa pengganti staf ahli fraksi datang dari unsur perempuan(gender). Kata Oni.

Selanjutnya kata Oni Mooy, ketiga figure tersebut adalah kader Partai yang dicalonkan dalam perhelatan politik pemilu 2014 yang lalu namun tidak lolos terpilih dan untuk ketiganya, satu dari dua sudah akan ditetapkan menuju kursi staf ahli karena yang satu mungkin masih perlu dipertimbangkan oleh forum karena terkait dengan jabatannya saat ini sebagai Badan pengawas (Banwas) di Perusahan Daerah. Jelasnya.

Untuk diketahui kalau saat ini yang menempati jabatan sebagai staf ahli Fraksi Partai Nasdem DPRD kabupaten Rote Ndao adalah Ir yahya B.F.Sodak. mantan anggota KPUD Rote Ndao yang bukan kader Partai.

Selain itu, Sodak. Sekarang merangkap jabatan sebagai Plt direktur PDAM Rote Ndao dan hal ini tentunya bersinggungan dengan nurani partai Nasdem meskipun mungkin dinilai tidak menyalahi aturan dalam pandangan orang tertentu. Kata Plt Ketua DPD Nasdem.(*Arkhimes Molle)