Oepaha, Keindahan Kabupaten Kupang Yang Tersembunyi

Pantai Oepaha

Pantai Oepaha

Zonalinenews- Oepaha, Merupakan salah satu desa di Kecamatan Nekamese, Kabupaten Kupang bagian selatan. Desa ini dihuni oleh 150 Kepala Keluarga, rata~rata masyarakat bermata pencaharian sebagai pandai besi, nelayan dan sebagian kecil masyarakat bermata pencaharian sebagai petani.

Desa ini memiliki sumber daya alam pariwisata yang tinggi. Namun, selama ini belum disentuh oleh pemerintah kabupaten Kupang maupun Pemerintah Provinsi NTT.

Seperti yang dikatakan salah satu tokoh masyarakat desa Oepaha, Anton Tiran saat ditemui di Balai Desa beberapa pekan lalu.

Kepada Zonaline, dikatakan bahwa, masyarakat desa Opaha sebagian besar sebagai nelayan karena kondisi lokasi laut yang sangat menjanjikan. Menjanjikan baik dari unsur ikan maupun garam. Dikatakan Anton, selain itu, sebagian masyarakat juga memiliki pekerjaan sebagai pandai besi.

Selama ini, kata Anton akses informasi yang sulit bagi masyarakat. Sehingga, masyarakat sulit mendapatkan akses informasi terbaru.

Alam Oepaha, dari sisi pariwisata juga tidak jauh dengan Bali dan daerah lainnya di Indonesia. Dengan hamparan laut yang menghadap samudera australia dan air jernih selama ini belum diminati oleh pelancong.

“Oepaha menyimpan sejuta kekayaan alam yang tersembunyi dari sisi pariwisata,” tutur Anton. Selama ini, baik menggunakan kendaraan roda dua maupun empat sulit sekali mencapai daerah ini. Hal ini disebabkan akses jalan masih dalam bentuk jalan rakyat.

Jarak tempuh untuk mencapai oepaha, jika ditempuh dari ibu Kota Kabupaten Oelamasi jaraknya kurang lebih 100 Km. Tapi, jika ditempuh dari kota Kupang, ibu kota provinsi NTT dapat dijangkau kurang lebih 50 Km. Sedangkan jarak antara ibu kota Kecamatan Nekamese jarak tersebut kurang lebih 30 Km.

Dikatakan untuk menikmati keindahan Oepaha, dapat dinikmati saat menuruni tanjakan ibu kota kecamatan, Nekamese ke Oepaha. Selama perjalanan seorang pejalan kaki/pelancong dapat menikmati hamparan laut serta lambaian daun lontar yang menyapa warga baru yang masuk di daerah bagian selatan Kabupaten Kupang.

Investor juga, dapat membuat vila sebagai tempat istirahat dalam menikmati keindahan panorama pantai selatan. Dengan laut yang biru serta hempasan laut yang luas terpampang indah serta keunikan alamnya.  Keindahan tersebut menjadi keunikan tersendiri alam Oepaha.

Sementara di Oepaha, pelancong dapat menikmati sendiri ombak yang bergulung serta ganasnya gelombang pantai selatan. Laut yang indah dan bersih menunjukkan ciri kas tersendiri alam Oepaha.

Kepala Desa Firgilius Tiran, mengatakan sejauh ini belum ada sentuhan yang diberikan oleh pemerintah dalam mengembangkan semua potensi pariwisata yang ada di Oepaha. Padahal di Oepaha sendiri banyak lokasi pariwisata serta keunikan karang yang bisah dijadikan objek pariwisata. Batu lot dan beberapa keunikan lainnya, tidak di temui di daerah lain yang ada di NTT. (*Paul)