Pesprawi Antar Sekolah Perlu Suntikan Dana

Sekertaris Daerah Ketika membawa sambutan dalam kegiatan pesprawi anak, di Aula Gereja Elim Naibonat

Sekertaris Daerah Ketika membawa sambutan dalam kegiatan pesprawi anak, di Aula Gereja Elim Naibonat

Zonalinenews- Oelamasi, Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesprawi) antar sekolah yang diselenggarakan oleh Kantor Agama Kabupaten Kupang perlu untuk mendapat suntikan dana dari Pemerintah Daerah. Sebab, Pesprawi merupakan sebuah tindakan sadar dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) Kabupaten Kupang.

Hal ini disampaikan Sekertaris Daerah Kabupaten Kupang, Hendrik Paut saat membuka kegiatan Pesprawi tingkat Kabupaten Kupang, Senin 23 November 2015 di Aula Utama Gereja Elim Naibonat.

Kata Paut, Pemerintah berkomitmen dalam memberikan dana sebab kegiatan peprawi dapat merubah perilakau suatu bangsa.

Pesprawi merupakan suatu tindakan sadar yang sangat baik.  “Kegiatan ini terus dibenahi sehingga bermanfaat bagi Kabupaten Kupang, terutama untuk generasi muda,” kata Paut.

Saat ini, kegiatan pesprawi saat ini dilakukan secara swadaya, namun kedepan akan disiapkan dana untuk pelaksanaan pesprawi tingkat anak di Kabupaten Kupang.

“Melalui pesprawi, Kabupaten Kupang di kenal dimana-mana, kabupaten Kupang suda h juara 2 kali. Yang pertama, di Kendari Sulawesi Tenggara dan Ambon,” jelasnya.

Melalui kegiatan Pesprawi dapat menemukan  kader-kader baru yang suatu saat jadi duta Kabupaten Kupang mewakili NTT. Kader~kader ini akan memperkenalkan daerah kabupaten kupang ke Kabupaten lain di indonesia. Kader-kader muda ini akan memperkenalkan nilai-nilai budaya Kabupaten Kupang.

Sementara itu, Kepala Bimbingan Masyarakat (Binmas) Kantor Wilayah Agama Provinsi NTT, Sem Saetban mengatakan, kegiatan pesprawi anak merupakan program nasional kementerian agama. Kegiatan pesprawi secara nasional setiap tahun terus diselenggarakan. Sehingga, melalui pesprawi tingkat anag yang diselenggarakan di Kabupaten Kupang dapat mendapat kader~kader muda yang mampu bersaing secara kompetitif di skala nasional.

Melalui thema sub thema yang ada perlu dilakukan refleksi agar kondisi yang terjadi saat ini harus diupayakan untuk penganggarannya. Melalui pesprawi, perlu diadakan pengembangan secara menyeluruh terhadap nilai~nilai daerah terutama keimanan kepada Tuhan Yesus Kristus.

“Pesprawi itu gerakan oikumenis yang perlu untuk mendapat perhatian secara serius,” kata Saetban.

Dikatakan bahwa pesprawi merupakan sebuah pesta ibadah syukur terhadap Yesus Kristus atas penjagaan dan perlindungannya. (*Paul)