Salah Ajar Siswa, Kepsek SD Negeri Enokaka Fatuleu Dicaci Maki

Kepala SD sekolah SD Negeri Enokaka desa Sillu Kecamatan Fatule Kabupaten Kupang, Yusuf Lenamah S.Pd   di kerumuni oleh orang tua siswa yang tidak puas

Kepala SD Negeri Enokaka desa Sillu Kecamatan Fatule Kabupaten Kupang, Yusuf Lenamah S.Pd di kerumuni oleh orang tua siswa yang tidak puas

Zonalinenews-Sillu, Kepala sekolah SD Negeri Enokaka desa Sillu Kecamatan Fatuleu Kabupaten Kupang, Yusuf Lenamah S.Pd didatangi puluhan orang tua siswa kelas 5 A. Kedatangan Para orang tua siswa dan langsung mencaci maki, serta menunjuk-nunjuk wajah kepala sekolah. Bahkan Kapsek nyaris dihakimi para orang tua karena diduga salah menyampaikan materi pelajaran kepada para siswa.

Aksi marah dan caci maki orang tua siswa berlangsung sabtu 14 November 2015 Pukul 9.00 wita di SD Negeri Enokaka yang ditonton ratusan siswa . Para orang tua berramai-ramai mendatangi sekolah dan ingin menghajar kepala sekolah tersebut tetapi sempat dilerai beberapa orang tua siswa yang juga kebetulan hadir pada aksi protes tersebut.

Pemicu persoalannya pada hari Rabu 11 November 2015 para guru SD Negeri Enokaka kelas lima dan enam mengikuti pelatihan UKG di Kupang, sehingga pengantinya adalah Kepala sekolah Yusuf Lenamah S.Pd yang langsung mengajar kelas 5 A, pada saat mengajar, karena materi yang diajarkan sebenarnya tentang perkembangan hewan dan tumbuhan, namun dalam penjelasan Kepala Sekolah tentang jenis kelamin dan bentuknya , sehingga para siswa memprotes proses mengajar,” demikian diungkapkan salah satu staf SD Negeri Enokaka yang minta namanya tidak dipublikasikan kepada zonalinenews Sabtu 14 November 2015 Pukul 12.30 wita.

Para orang tua yang memarahi Kepsek Yusuf Lenamah S.Pd

Para orang tua yang memarahi Kepsek Yusuf Lenamah S.Pd

Menurutnya ,karena protes para siswa kemudian anak-anak diduga dimarahi kepala sekolah, tidak terima dimarahi serta proses mengajar tidak sesuai dengan buku kurikulum, para siswa Kelas 5A melaporkan hal tersebut kepada orang tuanya masing-masing.

Buntut dari laporan para siswa Sabtu 14 November 2015 pukul 09.00 wita para orang tua mendatangi SD Negeri Enokaka melakukan aksi marah marah dan caci maki serta melakukan  penyegelan kantor Kepala Sekolah.

Ketua Komite SD Negeri Enokaka Fatuleu Mesak Lau Malai ketikan dikonfirmasi pada pukul 18.06 wita lewat telpon dengan 0821456830xx terkait aksi protes orang tua serta proses mengajar kepala yang salah disertai aksi penyegelan kantor kepala SD Negeri Enokaka Fatuleu. Mesak menjelaskan, tadi pukul 10.00, bahwa benar aksi protes warga setempat terhadapp kepala sekolah terkait proses mengajar kepala sekolah yang katanya tidak benar .

Menurut Mesak , dirinya juga sudah ditelpon oleh kepala sekolah Yusuf Lenamah atas aksi protes warga akibat ulahnya yang salah mengajar , bahkan pada pukul 10.00 wita beberapa warga Dominggus Laka dan Yakob Sonbai datang ke rumahnya dan menyerahkan kunci kantor kepala sekolah kepadanya.

“ Pak dominggus dan pak yakob langsung menyerahkan kunci kantor ke saya untuk diamankan sementara sampai, kami komite menyelesaikan persoalan tersebut,” jelas Mesak .

Ia menambahkan atas persoalan ini dirinya berencana akan melaporkan persoalan ini ke UPT pada Senin 16 November 2015 untuk dicarikan solusi penyelesaian, sedangkan proses belajar mengajar tetap berjalan , tetapi kantor kepala sekolah tetap disegal sampai persoalan tersebut selasai. (*tim)