Semangat Kepahlawanan Adalah Jiwa Raga Ku

Sambutan Wakil Bupati Kupang

Sambutan Wakil Bupati Kupang

ZONALINENEWS – OELAMASI, Peringatan hari Pahlawan memiliki makna khusus sebagai refleksi tentang pengorbanan, keteladanan dan keteguhan untuk menggapai harapan masa depan dengan terus berkerja dan berkerja dalam rangka mewujudkan masyarakat adil dan sejahtera sebagai cita-cita perjuangan bangsa yang termuat dalam sila kelima Pancasila yang berbunyi Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

Demikian sambutan Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa yang dibacakan oleh Wakil Bupati Kupang Korinus Masneno saat menjadi inspektur Upacara peringatan Hari Pahlawan lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kupang, Selasa tanggal 10 November 2015, pukul 07.30 wita di lapangan upacara kantor Bupati Kupang Oelamasi.

Hadir pada upacara peringatan hari pahlawan tersebut Unsur Forkompinda tingkat Kabupaten Kupang diantaranya Dandim 1604 Letkol Inf. Subar, Wakapolres Donny Baramanto dan para pejabat lingkup Pemkab Kupang diantaranya Sekda Kab. Kupang Hendrik Paut.

Wakil Bupati Kupang  Korinus Masneno mengungkapkan, dengan Tema “Semangat kepahlawanan adalah jiwa ragaku”. Peringatan hari pahlawan menginternalisasi jiwa semua anak bangsa agar nilai kepahlawanan terpatri dan merasuk kedalam sanubari yang paling dalam untuk meneladani sifat-sifat kepahlawanan yaitu rela berkorban, tanpa pamrih, berkerja keras, jujur, berani demi kebenaran serta patriotik.

“Peringatan hari pahlawan dapat juga dijadikan sebagai momentum menumbuh-kembangkan nilai-nilai persatuan, kepahlawanan, keperintisan, dan kesetiakawanan sosial,” katanya.

Masneno menjelaskan,  nilai kepahlawanan sejatinya tidak akan pernah usang atau lekang dimakan zaman karena dapat diimplementasikan dan direvitalisasi dari generasi ke generasi sepanjang masa sesuai perkembangan zaman.

“Penyelenggaraan hari pahlawan selalu menjadi penting, karena dapat digunakan sebagai barometer tentang seberapa kuat keyakinan kita terhadap nilai-nilai perjuangan bangsa dan negara. Termasuk dalam menghadapi tantangan yang mengancam persatuan dan kesatuan bangsa, mulai dari konflik-konflik agama, perkembangan paham radikalisme, tawuran antar kampung hingga maraknya penggunaan narkoba,” ungkapnya.

Ia menambahkan, momentum Peringatan Hari Pahlawan kiranya menjadikan bangsa Indonesia satu langkah dalam membangun keyakinan dan optimisme kita sebagai warga negara untuk dijadikan landasan revolusi karakter bangsa Indonesia untuk menjadi negara yang maju dan bermartabat. (*hayer)