Sportifitas Pada Anak Salah Satu Karakter Penting Perlu Ditanamkan

Yermi Hanas

Yermi Hanas

ZONALINENEWS – KUPANG, Menanamkan nilai sportifitas pada anak salah satu karakter penting yang perlu ditanamkan pada anak sejak dini adalah sikap sportif. Sikap mau menerima sesuatu dengan lapang dada. Menerima kekalahan atau kekurangan diri sendiri. Sebaliknya mau menerima dan mengakui kelebihan dan keunggulan orang lain.

Demikian disampaikan Ketua RT 09 Kelurahan Oeba, Kota Kupang Yermi Hanas  dalam sambutannya pada penutupan kegiatan Kejuaran Balap Sepeda/Minicross  RT 09, GPL Team Dan Tekno Team Cup I sirkuit balap sepeda stadion merdeka Kelurahan Oeba Kota Kupang, Senin 23 November 2015, pukul 19.30 wita.

Menurutnya, Perkembangan terkini menunjukkan adanya banyak sengketa dan kisruh. Ini sering berawal dari akibat tidak menerima kelebihan dan keunggulan orang lain. Fenomena sosial dan budaya di seputar kita juga membuktikan adanya sikap yang tidak sportif menanggapi sesuatu.

“Banyak orang yang sulit menerima kekalahan dari orang lain. Begitu pula menerima kelebihan dan keunggulan orang lain dalam suatu kompetisi maupun pertandingan. Ini cenderung menimbulkan konflik sosial dengan pihak luar,” ungkap salah satu fasilitator forum anak Kota Kupang itu.

Dikatakan Yermi, Memang, sikap sportif adalah suatu hal yang sulit diterapkan meskipun gampang diucapkan. Perjalanan hidup manusia sesungguhnya tak luput dari kompetisi dan persaingan. Persaingan dalam keluarga sampai dengan orang kompetisi dengan orang lain di luar lingkungan keluarga. “Sejak dini seorang anak akan menjalani berbagai kompetisi, persaingan dan perlombaan. Kompetisi merebut perhatian orang tua dalam keluarga. Persaingan mendapatkan juara di rumah. Sampai pada kompetisi yang lebih besar di luar rumah,” katanya.

Selain menjunjung tinggi sportifitas olahraga  bagi anak yang di angkat ungkapnya, dengan adanya kegiatan tersebut ia juga ingin menanamkan rasa persaudaraan pada yang tinggi anak – anak. “Saya sebagai salah satu fasilitator forum anak Kota Kupang dari Kelurahan Oebasangat ingin merangkul seluruh anak – anak di Kota Kupang untuk mempunyai rasa solidaritas persahabatan dan saya ingin anak – anak di Kota Kupang terutama di Kelurahan Oeba sendiri bisa menampilkan  kreatifitas merekan dalam  berbagai kegiatan bukan hanya saja di lingkup kelurahan tetapi hingga ke ajang – ajang lebih bergengsi di tingkat kota/kabupaten,” ujar Yermi. (*hayer)