Syafrudin Atasoge : Pemuda Harus Berperan Dalam Sosialisasi Empat Konsensus

Sosialisasi empat pilar kebangsaan oleh Anggota DPD RI syafrudin Atasoge

Sosialisasi empat pilar kebangsaan oleh Anggota DPD RI syafrudin Atasoge

Zonalinenews-Kupang, Peran generasi muda atau pemuda dalam konteks perjuangan dan pembangunan sejarah kebangsaan Indonesia sangatlah dominan dan memegang peranan sentral, baik perjuangan yang dilakukan secara fisik maupun diplomasi, perjuangan melalui organisasi sosial dan politik serta melalui kegiatan-kegiatan intelektual. Oleh karena itu Anggota DPD RI asal NTT Syafrudin Atasoge,S.Pd.M.P.d sangat berharap, pemuda harus berperan dalam melakukan sosialisasi empat pilar yang kini lebih di kenal dengan istilah empat konsensus kebangsaan.

Harapan itu di sampaikan oleh Atasoge ketika menggelar kegiatan sosialisasi empat konsensus bersama dengan Akademi Da’wah Indonesia Kupang (ADI KUPANG) di Islamic Center Kompleks Masjid Raya Nurssa’dah Kupang,Hari Rabu 28 Oktober 2015. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia NTT H.Abdullah Said Sagran,S.E, Direktur Akademi Da’wah Indonesia Kupang (ADI Kupang) Syaiful Bahri,M.H dan para mahasiswa Akademi Da’wah Indoenesia Kupang.

Anggota Komite I DPD RI ini menjelaskan, di tengah problematika dan tantangan yang di alami oleh pemuda yakni makin maraknya aksi kriminilitas, premanisme,pengaruh narkotika dan lain-lain mengaharuskan kita harus mempunyai daya tahan agar tidak terjebak pada tindakan yang merugikan diri sendiri maupun orang lain ,oleh karena itu penghayatan dan pengamalan nilai-nilai yang terkadung dalam pancasila menjadi penting karena pemuda adalah tongkat sejarah perubahan bangsa. Pemuda dan sejarahnya telah melaihrkan sejumlah karya monumental untuk negeri ini sehingga tugas kita adalah menciptakan sejarah untuk di kenang melalui peran dan posisi kita masing-masing.

Sementara itu menurut ketua Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia NTT H.Abdullah Said Sagran.S.E menjelaskan bahwa realitas hari ini memberikan kita gambaran bahwa banyak pemuda mengalami disorientasi dan terjebak pada pilihan sesaat yang merugikan diri sendiri sehingga harus ada filterisasi       untuk membentingi diri melalui kegiatan-kegiatan yang bermanfaat yakni salah satunya adalah mengikuti kegiatan sosialisasi empat konsensus kebangsaan.

“ Generasi muda harus mengambil bagian yang terpenting dan menjadi garda terdepan dalam menjaga terciptanya kehidupan berbangsa dan bernegara yang aman dan tertib. Peranan generasi muda juga di harapkan dapat membangun karakter bangsa secara koheren dengan menjalin kerja sama semua komponen bangsa, sehingga dapat melahirkan sikap saling menghormati dan menghargai di kalangan sesama, terciptanya rasa kebersamaan dan gotong royong, rasa persatuan, rasa peduli bagi sesama. Sikap inilah yang di harapkan nilai-nilai kebangsaan,” Jelasnya.

Pada kesempatan yang sama Direktur Akademi Da’wah Indonesia Kupang (ADI KUPANG) Syaiful Bahri, MH menjelaskan bahwa dalam perspektif sosilogis pemuda sebagaimana kodrat manusia adalah makhluk sosial yang memiliki peran eksistensial beragam dimensi salah satunya adalah dimensi politik sehingga sudah menjadi kewajiban bagi pemuada berperan dalam melakukan kegiatan-kegiatan sosial politik yang bernuansa positif dalam menjamin kehidupan berbangsa dan bernegara yang aman dan terbit melalui kegiatan sosialisasi empat pilar.

Dirinya mengapresiasi kepada Anggota DPD RI Syafrudin Atasoge,S.Pd,M.Pd yang telah bekerja sama dengan Akademi Da’wah Indonesia Kupang (ADI KUPANG) dalam kegiatan-kegiatan ini. Semangat kebersamaan ini yang harus kita jaga dan pelihara dengan baik. (*tim)