Tidak Ada Air, WC Umum Kantor Kecamatan Riung Barat Tidak Terawat

Wc di Kantor Camat Riung Barat

Wc di Kantor Camat Riung Barat

Zonalinenews – Riung ,WC (Water Closet) atau tempat buang kotoran manusia di Kantor Kecamatan Riung Barat, Maronggela, Kabupaten Ngada memang sungguh tidak terawat. Kelihatan gedung berwarna putih, kalau didekati ternyata WC umum hanya ada sikat dan gayung, tidak ada air, ada kotoran manusia, sudah kering dan hitam yang terapung di Closet.

Petugas kebersihan ada dimana? Disaksikan langsung media ini, Kamis (24/11/2015) sangat benar adanya. WC yang disatukan dengan gedung kantor berada di bagian belakang. Berhadapan langsung dengan bak air berwarna biru. Berhadapan juga dengan dua buah rumah pegawai, di sebelah kanan dua rumah pegawai, terdapat sebuah gedung yang baru di bangun.

Tertulis di depan di kantor dalam sebuah papan : Sekretariat Panwaslu. Ini memang fakta, disaksikan media ini, pegawai kantor setiap hari, minus hari Sabtu dan Minggu selalu berpakaian rapi, terhitung dari tingkat bawah sampai tingkat atas.

Kantor Camat Riung Barat

Kantor Camat Riung Barat

Tapi, menjadi tak sedap, tatkala beberapa warga dari tingkat desa, yang hendak keperluan di pusat kecamatan atau pertemuan, terpaksa buang air di WC, meski tak ada air untuk kebersihan. Sangat disesalkan, pengunjung WC harus tahan napas, ketika buang air, sebab masih ada kotoran manusai yang kering menggumpal.

Awak media ini sempat bertanya pada seorang pegawai yang cukup terpercaya. Mengapa WC dibiarkan tak ada air? Dia menjawab, karena Maronggela kekurangan air, maka WC di Kantor camat tak ada air.

”Ya, lama-lama rusak, biarkan saja”, tandasnya.

Pantauan media ini, warga yang berkunjung, mendadak keperluan atau ketika rapat penting, banyak yang harus ‘buang air’ di hutan, di belakan rumah pegawai, masing-masing tempat, yang penting aman, tak terlihat oleh seseorang.

Seorang warga dari Desa Benteng Tawa, yang sempat didengar awak media ini, berkomentar, ale…ale…di Wc tidak ada air, saya tadi buang air kecil, tutup hidung. (*S Intan)