Empat Rumah Dekat Pasar Loak Bajawa Ludes Terbakar


Puing Puing Rumaha warga ngada  yang terbakar  dekat lokasi pasar

Puing Puing Rumaha warga ngada yang terbakar dekat lokasi pasar

Zonalinenews-NGADA,Sedikitnya sebanyak empat rumah di Jalan Basuki Rahmat, Kelurahan Ngedukelu-Bajawa, persis berdampingan langsung dengan bangunan Pasar Loak Kota Bajawa Kabupaten Ngada Flores ludes dilahap jago merah, Jumat 04 Februari 2016. Warga saksi mata sekitar lokasi,  Zamroni dan pemilik rumah Margaretha Maria Riwu kepada Wartawan mengungkapkan musibah ini terjadi sekitar Pukul 8.00 Wita.

“Sekitar jam delapan kejadian kebarakan. Saya melihat kejadian secara langsung karena saya disini, kios saya juga buka disini, bersebelahan langsung dengan tempat kebakaran. Waktu saya naik ke atap seng saya, saya lihat api itu disana, di belakang Langganan bagian utara dan apinya sangat besar”ungkap warga saksi mata, Zamroni.

Mirip senada diungkap korban di tempat kejadian, Margaretha Maria Riwu, bahwa Pagi tadi waktu saya mau buka air di pipa yang ada disamping rumah saya, saya dengar teriakan minta tolong. Terus saya angkat muka dan lihat sudah ada asap. Saya langsung ke rumah yang teriak minta tolong itu dan dobrak pintu. Pada waktu kejadian itu listrik di rumah kejadian menyala normal dan api muncul dari arah bawah di ruangan bagian belakang”, kata Ibu Margaretha Maria Riwu.

Dihimpun wartawan, sedikitnya empat rumah rata dilahap jago merah dalam kejadian ini. Meski tidak menelan korban, kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah atas musibah ini. Rumah hangus dalam musibah ini adalah kepemilikan Ibu Katharina Riwu, Margaretha Maria Riwu serta dua rumah yang lain yang disewa kontrak oleh Nursalim dan Ibu Mulifa. Satu diantaranya dipakai sebagai tempat usaha elektronik milik Zulkifli Koto.

Pantauan Wartawan, Polres Ngada langsung terjun lapangan mengumpulkan bahan keterangan untuk pendalaman. Kini, sekitar lokasi kejadian sudah dipasang Police Line dan Polisi akan mencaritau sebab musabab kebakaran.

Dikonfirmasi terpisah oleh awak Media, Kasat Reskrim Polres Ngada Iptu Jemy Noke mengatakan, penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan Tim Identifikasi Satreskrim. “Memang ada informasi yang beredar kalau api muncul dari tempat salah satu warga yang mengontrak. Hanya saja informasi itu masih sebatas dugaan, untuk lebih pastinya kami masih menunggu hasil pemeriksaan Satreskrim,” ujarnya. (*wrn)