Tiga Kecamatan di Flotim Alami Gagal Panen Total


Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Flotim Anton Sogen

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Flotim Anton Sogen

Zonalinenews,Larantuka- Sedikitnya tiga kecamatan di Kabupaten Flores Timur (Flotim) mengalami gagal panen total. Tiga kecamatan tersebut yakni, Kecamatan Ile Boleng, Kecamatan Wotan Ulu Mado dan Kecamatan Demon Pagong. Selain tiga kecamatan yang mengalami gagal panen total,  sebagian wilayah di daerah Solor juga mengalami hal yang sama. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Flotim, Anton Sogen, saat ditemui di gedung DPRD Flotim beberapa waktu lalu.

Menurut Sogen,  gagal panen yang dialami para petani diakibatkan curah hujan tahun ini yang tidak merata. Hal ini menyebabkan hampir seluruh tanaman seperti jagung dan padi tidak berisi. Dari beberapa daerah yang mengalami gagal panen, yang paling parah yakni Kecamatan Ile Boleng, karena seluruh hasil tanam petani seperti, padi, jagung dan palawija tidak berisi. “Kecamatan Ile Boleng yang paling parah, jagung dan padi tak berisi semua,” ujar Kadis.

Untuk mengatasi hal itu, saat ini pihaknya telah melakukan intervensi pangan dengan berkoordinasi antar lintas sektor yakni, Dinas Sosial dan Dinas Perikanan. Selain itu, piihaknya juga sudah berkoordinasi dengan camat guna bekerjasama dengan pihak UPTD agar segera mendata seberapa besar kerugian yang dialami para petani.

Dikatakan, Dinsos sendiri saat ini sudah menyalurkan bantuan beras ke beberapa desa di wilayah Kecamatan Ile Boleng. Untuk petani di daerah pesisir pantai seperti Kecamatan Wotan Ulu Mado dan beberapa daerah di Solor, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Perikanan untuk mengambil langkah bantuan jangka pendek.

Untuk bantuan jangka menengah, dia berjanji akan memberikan bantuan berupa pergantian benih seluruhnya untuk musim tanam berikutnya. “Khusus di daerah pesisir pantai, Dinas Perikanan akan memberikan bantuan berupa pengembangan rumput laut dan juga bantuan berupa sampan atau perahu, supaya para petani bisa terbantu,” tandasnya. (*Amar Ola Keda)